KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN

Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan
Kepala Sekolah

PUSAT PENGEMBANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

DAFTAR ISI
SAMBUTAN   ..................................................................................
i
KATA PENGANTAR ........................................................................
ii
DAFTAR ISI ..................................................................................
iii


PENDAHULUAN .............................................................................
1
  1.  
Pengantar ...........................................................................
2
  1.  
Kompetensi yang Diharapkan Dimiliki oleh Pembaca ................
  2
  1.  
Deskripsi Kegiatan Belajar ...................................................
2
  1.  
Kegunaan Materi Pelatihan ..................................................
2
  1.  
Petunjuk Penggunaan Materi Pelatihan ..................................
3
  1.  
Langkah-langkah Kegiatan Pelatihan .....................................
3

KEGIATAN BELAJAR I
Arti, Tujuan, dan Pentingnya Kepemimpinan Pembelajaran.................
5
  1.  
Pengantar ...........................................................................
2
  1.  
Materi Pokok .......................................................................
6
  1.  
Kasus .................................................................................
12
  1.  
Rangkuman..........................................................................
17

KEGIATAN BELAJAR 2
 Kompetensi Kepemimpinan Pembelajar.........................................
   19
  1.  
Pengantar ...........................................................................
19
  1.  
Materi Pokok........................................................................
19
  1.  
Kasus .................................................................................
29
  1.  
Rangkuman ..........................................................................
30

KEGIATAN BELAJAR 3
Cara Menerapkan Kepemimpinan Pembelajaran .............................
31
  1.  
Pengantar ...........................................................................
31
  1.  
Materi Pokok........................................................................
31
  1.  
Kasus………..........................................................................
36
  1.  
Rangkuman ........................................................................
40



REFLEKSI.......................................................................................
41
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................
42


Kepemimpinan merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Banyak model kepemimpinan yang dapat dianut dan diterapkan dalam bebagai organisasi/institusi, baik profit maupun nonprofit. Namun, model kepemimpinan yang paling cocok untuk diterapkan di sekolah adalah kepemimpinan pembelajaran. Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa kepala sekolah yang memfokuskan kepemimpinan pembelajaran menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik dari pada kepala sekolah yang kurang memfokuskan pada kepemimpinan pembelajaran. Ironisnya, kebanyakan kepala sekolah tidak menerapkan model kepemimpinan pembelajaran.
Kepemimpinan pembelajaran sangat cocok diterapkan di sekolah karena misi utama sekolah adalah mendidik semua siswa dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yang sukses dalam menghadapi masa depan yang belum diketahui dan yang sarat dengan tantangan-tantangan yang sangat turbulen. Misi inilah yang kemudian menuntut sekolah sebagai organisasi harus memfokuskan pada pembelajaran, yang meliputi kurikulum, proses belajar mengajar, dan penilaian hasil belajar. Oleh karena itu, materi pelatihan ini akan membahas secara spesifik tentang kepemimpinan pembelajaran seperti yang disebutkan pada deskripsi kegiatan belajar.


B.    Kompetensi yang Diharapkan Dimiliki oleh Pembaca
Setelah mempelajari materi pelatihan ini, diharapkan para pembaca memiliki kompetensi-kompetensi sebagai berikut.
(1)  Memahami arti dan tujuan kepemimpinan pembelajaran.
(2)  Mengidentifikasi kompetensi kepemimpinan pembelajaran.
(3)  Menerapkan strategi kepemimpinan pembelajaran.
Dalam mempelajari materi pelatihan ini, ada tiga kegiatan belajar yang harus dilaksanakan yaitu:
Kegiatan Belajar 1: Arti, tujuan, dan pentingnya kepemimpinan pembelajaran
Kegiatan Belajar 2: Kompetensi kepemimpinan pembelajaran
Kegiatan Belajar 3: Strategi pelaksanaan kepemimpinan pembelajaran  
Tiga hal penting yang harus dilakukan sebelum melaksanakan empat kegiatan belajar yang dimaksud, yaitu:
(1)   kuatkan komitmen untuk berkembang;
(2)   yakinkan diri anda bahwa belajar melalui materi pelatihan ini merupakan kebutuhan sekolah/madrasah bukan kegiatan rutin untuk memenuhi tuntutan proyek;
(3)   yakinkan diri anda bahwa hanya dengan belajar, Anda akan menjadi pemimpin yang jauh lebih baik dan dikagumi. Semoga!
D.    Kegunaan Materi Pelatihan
Materi pelatihan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak berikut.
        (1)   Bagi kepala sekolah/madrasah baru dan atau yang belum menguasai kompetensi yang diharapkan, materi pelatihan ini dapat dimanfaatkan sebagai langkah awal pengembangan kompetensi kepemimpinan pembelajaran. Sedangkan bagi mereka yang sudah berpengalaman, materi pelatihan ini dapat digunakan sebagai bahan refleksi sekaligus bahan pengayaan.
        (2)   Bagi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS)/Madarasah, materi pelatihan dapat dijadikan bahan diskusi untuk berbagi pengalaman tersebut. 
        (3)   Bagi guru yang ingin mengembangkan karirnya sampai menjadi kepala sekolah/madrasah, materi pelatihan ini dapat dijadikan sebagai bahan bacaan untuk menyiapkan diri sebagai kepala sekolah/madrasah. 

(1)   Cermati kompetensi yang akan dipelajari sebelum menelaah bahan bacaan.
(2)   Laksanakan dengan sungguh-sungguh setiap kegiatan yang dianjurkan pada masing-masing kegiatan belajar.
(3)   Telaahlah secara cermat dan kritis teks atau bahan bacaan.
(4)   Lakukan refleksi terhadap apa yang telah anda kerjakan atau pelajari.
(5)   Bila mengalami kesulitan, jangan segan melakukan diskusi dengan teman sejawat di MKKS/KKKS Madrasah atau menanyakannya kepada kepala sekolah pemandu.
Materi pelatihan ini dirancang untuk dipelajari oleh kepala sekolah/madrasah dalam pelatihan. Oleh karena itu langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempelajari materi pelatihan ini mencakup aktivitas individual dan kelompok. Aktivitas individual meliputi: (1) membaca materi pelatihan, (2) melakukan latihan/mengerjakan tugas, menyelesaikan masalah/kasus pada setiap kegiatan belajar, (3) membuat rangkuman, dan (4) melakukan refleksi. Sedangkan aktivitas kelompok meliputi: (1) mendiskusikan materi pelatihan, (2) bertukar pengalaman (sharing) dalam melakukan latihan menyelesaikan masalah/kasus, dan (3) membuat rangkuman.

Kalau mau filenya silahkan download klik disini ya
Previous Post Next Post