Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan
Kepala Sekolah
PUSAT
PENGEMBANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN
BADAN
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
DAFTAR ISI
SAMBUTAN ..................................................................................
|
i
|
|
KATA PENGANTAR
........................................................................
|
ii
|
|
DAFTAR ISI ..................................................................................
|
iii
|
|
|
|
|
PENDAHULUAN
.............................................................................
|
1
|
|
|
Pengantar
...........................................................................
|
2
|
|
Kompetensi
yang Diharapkan Dimiliki oleh Pembaca
................
|
2
|
|
Deskripsi
Kegiatan Belajar
...................................................
|
2
|
|
Kegunaan
Materi Pelatihan
..................................................
|
2
|
|
Petunjuk
Penggunaan Materi Pelatihan
..................................
|
3
|
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pelatihan
.....................................
|
3
|
KEGIATAN
BELAJAR I
Arti,
Tujuan, dan Pentingnya Kepemimpinan Pembelajaran.................
|
5
|
|
|
Pengantar
...........................................................................
|
2
|
|
Materi Pokok
.......................................................................
|
6
|
|
Kasus
.................................................................................
|
12
|
|
Rangkuman..........................................................................
|
17
|
KEGIATAN
BELAJAR 2
Kompetensi Kepemimpinan Pembelajar.........................................
|
19
|
|
|
Pengantar
...........................................................................
|
19
|
|
Materi Pokok........................................................................
|
19
|
|
Kasus
.................................................................................
|
29
|
|
Rangkuman
..........................................................................
|
30
|
KEGIATAN
BELAJAR 3
Cara
Menerapkan Kepemimpinan Pembelajaran .............................
|
31
|
|
|
Pengantar
...........................................................................
|
31
|
|
Materi Pokok........................................................................
|
31
|
|
Kasus………..........................................................................
|
36
|
|
Rangkuman
........................................................................
|
40
|
|
|
|
REFLEKSI.......................................................................................
|
41
|
|
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................
|
42
|
Kepemimpinan merupakan salah satu
kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Banyak model
kepemimpinan yang dapat dianut dan diterapkan dalam bebagai
organisasi/institusi, baik profit maupun nonprofit. Namun, model kepemimpinan yang paling cocok untuk diterapkan di sekolah adalah
kepemimpinan pembelajaran. Banyak penelitian yang
menyimpulkan bahwa kepala sekolah yang memfokuskan kepemimpinan pembelajaran
menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik dari pada kepala sekolah
yang kurang memfokuskan pada kepemimpinan pembelajaran. Ironisnya, kebanyakan kepala
sekolah tidak menerapkan model kepemimpinan pembelajaran.
Kepemimpinan pembelajaran sangat
cocok diterapkan di sekolah karena misi utama sekolah adalah mendidik semua
siswa dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperoleh pengetahuan,
keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yang
sukses dalam menghadapi masa depan yang belum diketahui dan yang sarat dengan
tantangan-tantangan yang sangat turbulen. Misi inilah yang kemudian menuntut
sekolah sebagai organisasi harus memfokuskan pada pembelajaran, yang meliputi
kurikulum, proses belajar mengajar, dan penilaian hasil belajar. Oleh karena itu, materi pelatihan ini akan membahas secara spesifik
tentang kepemimpinan pembelajaran seperti yang disebutkan pada
deskripsi kegiatan belajar.
Setelah mempelajari materi pelatihan
ini, diharapkan para pembaca memiliki kompetensi-kompetensi sebagai berikut.
(1) Memahami arti dan tujuan kepemimpinan pembelajaran.
(2) Mengidentifikasi
kompetensi kepemimpinan pembelajaran.
(3) Menerapkan
strategi kepemimpinan pembelajaran.
Dalam
mempelajari materi pelatihan ini, ada tiga kegiatan belajar yang harus dilaksanakan yaitu:
Kegiatan Belajar 1: Arti,
tujuan, dan pentingnya kepemimpinan pembelajaran
Kegiatan Belajar 2: Kompetensi
kepemimpinan
pembelajaran
Kegiatan
Belajar 3:
Strategi pelaksanaan kepemimpinan pembelajaran
Tiga hal penting yang harus dilakukan
sebelum melaksanakan empat
kegiatan belajar yang dimaksud, yaitu:
(1) kuatkan komitmen untuk berkembang;
(2) yakinkan diri anda bahwa belajar melalui materi pelatihan ini merupakan
kebutuhan sekolah/madrasah bukan kegiatan rutin untuk memenuhi tuntutan proyek;
(3) yakinkan diri anda bahwa hanya dengan belajar, Anda akan menjadi pemimpin
yang jauh lebih baik dan dikagumi. Semoga!
Materi pelatihan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak
berikut.
(1) Bagi kepala sekolah/madrasah baru
dan atau yang belum menguasai kompetensi
yang diharapkan, materi pelatihan ini dapat dimanfaatkan sebagai langkah awal
pengembangan kompetensi kepemimpinan pembelajaran. Sedangkan bagi mereka yang
sudah berpengalaman, materi pelatihan ini dapat digunakan sebagai bahan
refleksi sekaligus bahan pengayaan.
(2) Bagi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Kelompok
Kerja Kepala Sekolah (KKKS)/Madarasah, materi pelatihan dapat dijadikan bahan diskusi untuk berbagi pengalaman tersebut.
(3) Bagi guru yang
ingin mengembangkan karirnya sampai menjadi kepala sekolah/madrasah, materi pelatihan
ini dapat dijadikan sebagai bahan bacaan untuk menyiapkan diri sebagai kepala sekolah/madrasah.
(1) Cermati
kompetensi yang akan dipelajari sebelum menelaah bahan bacaan.
(2) Laksanakan
dengan sungguh-sungguh setiap kegiatan yang dianjurkan pada masing-masing
kegiatan belajar.
(3) Telaahlah
secara cermat dan kritis teks atau bahan bacaan.
(4) Lakukan
refleksi terhadap apa yang telah anda kerjakan atau pelajari.
(5) Bila
mengalami kesulitan, jangan segan melakukan diskusi dengan teman sejawat di
MKKS/KKKS Madrasah atau menanyakannya kepada kepala sekolah pemandu.
Materi pelatihan ini dirancang untuk dipelajari oleh kepala
sekolah/madrasah dalam pelatihan. Oleh karena itu langkah-langkah yang harus
dilakukan dalam mempelajari materi pelatihan ini mencakup aktivitas individual
dan kelompok. Aktivitas individual meliputi: (1) membaca materi pelatihan, (2)
melakukan latihan/mengerjakan tugas, menyelesaikan masalah/kasus pada setiap
kegiatan belajar, (3) membuat rangkuman, dan (4) melakukan refleksi. Sedangkan
aktivitas kelompok meliputi: (1) mendiskusikan materi pelatihan, (2) bertukar
pengalaman (sharing) dalam melakukan
latihan menyelesaikan masalah/kasus, dan (3) membuat rangkuman.
Kalau mau filenya silahkan download klik disini ya