RPP FUNGSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(PERTEMUAN KE 1)

 
Nama Sekolah                                  : SMP NEGERI  BATAM
Mata Pelajaran                                 : Matematika
Kelas/Semester                                 : VIII (DELAPAN) /Satu
Materi Pokok                                   : Fungsi
Jumlah Pertemuan seluruhnya          : 4 pertemuan
Alokasi Waktu  pertemuan ke-1      : 2 jam x 35 menit

A.  Komptensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya

·      Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui pelajaran bab fungsi
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah
·      Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas dari guru
·      Menunjukkan sikap rasa ingin tahudalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi

2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
·      Menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru
·      Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.5 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram

·   Mengidentifikasi unsur-unsur yang ada di dalam bab relasi dan fungsi
·   Membedakan relasi yang tergolong fungsi dan yang bukan fungsi
·   Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



B.   Tujuan Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
      Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan kelompok.

KI 1 dan KI 2
Peserta didik dapat     :
1.    merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui pelajaran bab fungsi
2.    menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain atau guru
3.    menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas dari guru

KI 3
·      mengidentifikasi unsur-unsur yang ada di dalam bab relasi dan fungsi
·      membedakan relasi yang tergolong fungsi dan yang bukan fungsi
·      menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi

C.  Materi Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
1.   Unsur-unsur yang ada dalam bab relasi dan fungsi
2.   Relasi yang tergolong fungsi dan yang bukan fungsi
3.   Masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi

Materi ajar yang dipelajari siswa pada pertemuan pertama adalah: Pengertian relasi, domain, kodomain, range, ciri-ciri relasi yang tergolong fungsi dan yang tergolong bukan fungsi, masalah sehari-hari yang berhubungan dengan relasi dan fungsi.

RELASI
Relasi adalah hubungan antara dua elemen himpunan, setiap anggota sebuah himpunan asal disebut domain, kepada anggota himpunan yang lain dinamakan kodomain (daerah kawan). Hasil direlasikannya domain dengan kodomain atau dapat dikatakan himpunan semua nilai fungsi atau himpunan semua bayangan disebut dengan range (daerah hasil). Hubungan ini bersifat abstrak dan tidak perlu memiliki arti secara konkrit maupun secara sistematis.

Pengantar untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang relasi dapat dicontohkan pada masalah sehari-hari. Misalkan menghubungkan nama ibu dan anak-anaknya, menghubungkan nama anak dengan olahraga yang digemarinya, menghubungkan nama anak dengan masing-masing ukuran sepatunya, dan lain sebagainya.

Contoh-1        :
Diketahui himpunan P = { 1,2,3,4,5 } dan himpunan Q = {2,4,6,8,10,11 }. Relasi dari himpunan P ke himpunan Q dinyatakan dengan ”setengah dari”. Tuliskan domain, kodomain, dan range dari pernyataan tersebut.
Jawaban penyelesaian :
Domain (daerah asal)              : {1,2,3,4,5 }
Kodomain (daerah kawan)     : {2,4,6,8,10,11}
Range ( daerah hasil)              : {2,4,6,8,10}

Contoh-2        :
Diketahui himpunan A = { angka genap <12 } dan himpunan B = {angka ganjil <10 }. Relasi dari himpunan A ke himpunan B dinyatakan dengan ”dua kali dari”. Tuliskan domain, kodomain, dan range dari pernyataan tersebut.
Jawaban penyelesaian :
Domain (daerah asal)              : {2,4,6,8,10}
Kodomain (daerah kawan)     : {1,3,5,7,9}
Range ( daerah hasil)              : {1, 3, 10}

Pemahaman akan domain,kodomain dan range ini seringkali diperlukan untuk merumuskan bentuk fungsi


RELASI YANG TERGOLONG FUNGSI DAN YANG BUKAN FUNGSI
Perbedaan antara relasi yang tergolong fungsi dan yang bukan fungsi, adalah dilihat dari daerah kawan dan juga daerah hasil. Jika pada daerah kawan, ada anggota yang tidak mendapatkan pasangan dari anggota daerah asal akibat dari relasi yang ditetapkan, maka tergolong bukan fungsi. Atau pada daerah kawan ada anggota yang dua kali dipasangkan dengan anggota pada daerah asal, maka itu juga tergolong bukan fungsi. Kesimpulannya adalah suatu relasi tidak memaksakan semua anggota domain dipasangkan. Konsepnya lebih longgar dibandingkan fungsi. Karena itu setiap fungsi adalah relasi, tetapi tidak setiap relasi merupakan fungsi.

Contoh-3        :
Misalkan A = {1,2,3,4,5} dan B = {2,3,5,7}. Relasi yang didefenisikan adalah ”satu lebihnya dari”. Apakah relasi dari A ke B termasuk fungsi?
Langkah awal yang harus kita perhatikan adalah berapa anggota himpunan A yang bisa dan yang tidak bisa dipasangkan dengan anggota himpunan B akibat relasi yang telah ditentukan. Maka jawabannya relasi ini bukan fungsi, karena ada anggota A yang tidak dipasangkan dengan anggota B. 4 pada himpunan A satu lebihnya dari 5 pada anggota B. Selebihnya anggota himpunan A tidak bisa direlasikan dengan anggota himpunan B.

Contoh-4        :
Misalkan A = { 2,4,6,8,10,12,14,16} , B = { 1,5,9 }
Relasi yang didefenisikan adalah anggota A ”dua kali” anggota B. Apakah relasi dari A ke B termasuk fungsi?
Jawaban penyelesaian : coba perhatikan kembali beberapa anggota A yang bisa dipasangkan dan yang tidak bisa dipasangkan dengan anggota B. Beberapa anggota yang tidak mempunyai pasangan ke B adalah 4,6,8,12,14 dan 16. Hal ini karena tidak ada bilangan x di B demikian sehingga ”4 dua kali anggota B”, ”6 dua kali anggota B”, ”12 dua kali anggota B” ”14 dua kali angota B” dan ”16 dua kali anggota B”

MASALAH SEHARI-HARI YANG BERKAITAN DENGAN RELASI DAN FUNGSI
Coba berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi !
Contoh-5        :
Harga gula 1 kg Rp 5.600,00. Harga a kg gula Rp 5.600,00 a rupiah. Nyatakan dalam bentuk fungsi a !  Jawaban Penyelesaian : Rp 5.600,00 x a kg gula = 5.600a

Contoh-6        :          
Buatlah relasi antara anggota dua himpunan dalam kehidupan di sekitarmu !
Jawaban Penyelesaian :
Pak Mahir mempunyai tiga anak yang bernama Budi, Asha, dan Anton. Pak Ridwan mempunyai dua anak yang bernama Alex dan Rini. Sedangkan Pak Rudi mempunyai seorang anak bernama Suci. Pasangkanlahpernyataan tersebut untuk relasi “ayah dari”.


D.  Metode Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Metode Pembelajaran Saintifik. Tanya-jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok, dan presentasi.

E.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan
·    Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan  dengan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
·    Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita tentang manfaat belajar bab fungsi dalam kehidupan sehari-hari
·    Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan ke-1 ini
·    Siswa menyimak informasi tentang cara belajar yang akan ditempuh
·    Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
5 menit
Kegiatan Inti
·    Mengamati
Siswa mengamati dan mencermati contoh permasalahan yang berhubungan denganunsur-unsur yang ada dalam bab relasi dan fungsi. Terdapat pada buku siswa halaman 82-86. Kemudian memperhatikan dua contoh yang ditampilkan di papan tulis yang diberikan oleh guru
10 menit
·    Menanya
Siswa didorong untuk mengajukan  pertanyaan terkait hal-hal yang diamati atau dicermati. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
5 menti
·    Mengumpulkan informasi
Secara berkelompok, siswa mengerjakan soal pada buku pegangan siswa yang terkait dengan  pertanyaan-pertanyaan pada contoh permasalahan yang telah ditampilkan (Bahan terlampir)
15 menit
·    Mengolah informasi
Melalui diskusi dalam kelompok, siswa menganalisis, menalar, menyimpulkan,  informasi yang telah diperoleh/dikumpulkan melalui buku pegangan siswa dalam rangka memahami  pengertian dari relasi, domain,kodomain,range, dan mengelompokkan relasi yang tergolong fungsi dan yang bukan fungsi. Serta masalah sehari-hari yang berhubungan dengan relasi dan fungsi. Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab.
15 menit
·    Mengkomunikasikan
Secara klasikal, siswa wakil kelompok  (minimal dua kelompok) mengkomunikasikan  pemahamannya dengan bahasa sendiri tentang pengertian dari relasi, domain,kodomain,range, dan mengelompokkan relasi yang tergolong fungsi dan yang bukan fungsi. Serta masalah sehari-hari yang berhubungan dengan relasi dan fungsi. Umpan balik dan penegasan (konfirmasi) diberikan terhadap hal-hal yang dikomunikasikan siswa. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
15 menit


·    Mengamati, menanya (dalam diri), mengumpulkan dan mengolah informasi
Secara individu siswa berlatih menyusun dan mengidentifikasi unsur-unsur relasi. Siswa mengembangkan sikap tanggungjawab
10 menit
·    Mengkomunikasikan
Secara kelompok, siswa saling memeriksa, mengoreksi, berdiskusi  dan memberikan masukan terkait hasil Latihan yang dibawa oleh tiap anggota. Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab dan ingin tahu.
5 menit
·    Secara klasikal, siswa wakil satu kelompok melaporkan hasil penyelesaian Latihan. Wakil kelompok ditunjuk secara acak. Siswa lain didorong untuk bertanya dan menanggapi.  Umpan balik dan penegasan (konfirmasi) diberikan terhadap hal-hal yang dilakukan atau dikomunikasikan siswa. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
5 menit
Penutup
·          Secara klasikal dan melalui tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkum isi pembelajaran yaitu tentang pengertian dari relasi, domain,kodomain,range, dan mengelompokkan relasi yang tergolong fungsi dan yang bukan fungsi. Serta masalah sehari-hari yang berhubungan dengan relasi dan fungsi.
·        Secara individu siswa  melakukan refleksi (penilaian diri) tentang hal-hal yang telah dilakukan selama proses belajar pada pertemuan ke-1. Siswa mengembangkan sikap bersyukur.
·        Siswa mencermati informasi bahan pekerjaan rumah (PR) (Bahan PR terlampir)
·        Siswa mencermati Informasi garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu menyajikan bentuk fungsi  dan menjabarkan bentuk penyajian fungsi
5 menit


F.   Penilaian (Pertemuan Ke-1)
1.    Teknik Penilaian:
No
Aspek yang diamati/dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap bersyukur
Penilaian diri

2
Sikap ingin tahu
Pengamatan, Penilaian Diri
Kegiatan inti  dan Penutup
3
Sikap tanggungjawab
Pengamatan, Penilaian Diri
Kegiatan inti  dan Penutup
4
Pengetahuan:
·     mengidentifikasi unsur-unsur yang ada di dalam bab relasi dan fungsi
·     membedakan relasi yang tergolong fungsi dan yang bukan fungsi
·      menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
Penugasan (mengerjakan latihan)
Kegiatan Inti
Tes tertulis
Awal pertemuan ke-2








2.    Bentuk dan Instrumen penilaian, serta Pedoman Penskoran:

Bahan Tes      :
Petunjuk          : Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.

Soal                 :
1.   Relasi mempunyai pengertian ... .
a.    Pemasangan dua himpunan dengan aturannya
b.   Pemasangan anggota himpunan satu dengan anggota himpunan lain dengan aturan tertentu
c.    Aturan yang memasangkan anggota himpunan satu dengan anggota himpunan lain
d.   Hubungan beberapa himpunan

2.   Domain dari relasi yang disimbolkan dengan R : A à B adalah himpunan ... .
a.       A                                               c. A dan B
b.      B                                               d. Bagian dari B

3.   Kodomain dari relasi R : P à Q adalah himpunan ... .
a.    P                                     c. P dan Q
b.   Q                                                d. Kosong

4.   A = {2,3,4,5} dan B = {5,7,8,9}. Relasi dari A ke B merupakan fungsi jika aturan relasinya adalah ... .
a.       Faktor dari                    c. Kelipatan dari
b.      Kurang dari                  d. Tiga kurangnya dari

Pedoman Penskoran                         :
No Soal
Aspek Penilaian
Rubrik Penilaian
Skor
Skor Maksimal
1
Jawaban
Benar


Salah

Tidak ada jawaban

Alasan jawaban
Sebagian besar benar

Sebagian kecil benar

Tidak ada alasan jawaban

2
Jawaban



Benar


Salah


Tidak ada jawaban

Sebagian besar benar

Alasan Jawaban
Sebagian kecil benar


Tidak ada alasan jawaban

Tidak ada jawaban

3
Jawaban
Benar


Salah


Tidak ada jawaban

Alasan Jawaban
Sebagian besar benar

Sebagian kecil benar

Tidak ada alasan jawaban

4
Jawaban
Benar


Salah


Tidak ada jawaban


Alasan Jawaban
Sebagian besar benar


Sebagian kecil benar


Tidak ada alasan jawaban


Skor maksimal =
-
100

Skor minimal =
-
0


Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap Pertemuan Ke-1

Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas/Semester                      : VIII/1 (Ganjil)
Tahun Pelajaran                   : 2014/2015
Topik                                      : Fungsi
Waktu Pengamatan              : Pertemuan Ke-1

Petunjuk:
1.    Fokus sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan ke-1 adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok

2.    Kriteria perkembangan sikap RASA INGIN TAHU
Sangat baikjika menunjukkan adanya  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran, cenderung ajeg/konsisten tetapi masih belum terus menerus 
Cukup  jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
Kurangjika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran

3.   Kriteria  perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
Sangat baikjika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok, cenderung ajeg/konsisten tetapi belum terus menerus
Cukup  jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok  tetapi belum ajeg/konsisten
Kurang jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok


4.    Tuliskan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
Nama
Rasa ingin tahu
Tanggungjawab
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1









2









3









...









32









SB = sangat baik    B = baik    C = Cukup    K = kurang baik                                              













Lembar Penilaian Diri Pada Pertemuan Ke-1

Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas/Semester                      : VIII/1 (Ganjil)
Tahun Pelajaran                   : 2013/2014
Topik                                      : Fungsi
Waktu Pengamatan              : Pertemuan Ke-1

Tanggal Mengisi     :_____________________________________________________________
No
Pernyataan
Alternatif
Ya
Tidak
1.          
Saya bersyukur  atas kesempatan yang diberikan Tuhan dalam mempelajari unsur-unsur bentuk Aljabar sehingga saya dapat mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari


2.          
Saya bersyukur  atas kesempatan berlatih untuk bertanggungjawab menyelesaikan tugas melalui belajar unsur-unsur bentuk Aljabar


3.          
Saya telah memahami tentang mengidentifikasi unsur-unsur bentuk Aljabar


4.          
Saya optimis dapat memperbaiki pemahaman saya terhadap hal-hal yang belum saya pahami sepenuhnya dalam belajar tentang mengidentifikasi unsur-unsur bentuk Aljabar


5.          
Saya akan belajar keras untuk mempelajari  lebih lanjut terkait mengidentifikasi unsur-unsur bentuk Aljabar dan saya yakin akan bisa memahaminya


6.          
Saya telah berperan aktif dalam kegiatan belajar matematika pada hari ini


7.          
Saya akan berperan lebih banyak  selama belajar matematika dalam kelompok pada hari-hari yang akan datang  dan saya yakin hal itu bisa saya lakukan



c.    Sumber Belajar (Pertemuan Ke-1)
1.      Bahan informasi tentang pengertian dan manfaat belajar relasi dan fungsi
2.      Daftar pertanyaan untuk apersepsi
3.      Contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan relasi dan fungsi
4.      Bahan untuk lembar kerja siswa
5.      Bahan latihan
6.      Bahan pekerjaan rumah
7.      Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Jilid VIII, Kemdikbud, 2013



Batam, september  2014
 Kepala Sekolah                                                          Guru Mata Pelajaran
                       
DOWNLOAD DISINI UNTUK PERTEMUAN SELURUHNYA


Previous Post Next Post