Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
![]() |
SILAHKAN DOWNLOAD FILENYA DISINI |
Sekolah : SMP N 38 Batam
Matapelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII / I
Materi Pokok : PersamaanGarisLurus
Sub topic :
Grafik Persamaan GarisLurus
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
Pertemuan ke : 1
A. Kompetensi Inti (KI) , Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Inti (KI)
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
·
MerasabersyukurterhadapkaruniaTuhanataskesempatanmempelajarikegunaanmatematikadalamkehidupansehari-harimelaluibelajarpersamaandanpertidaksamaanlinear satu variabel
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif,
dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah;
|
·
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab dalam
menyelesaikan tugas dari guru
·
Menunjukkan
sikap gigih (tidak mudah menyerah)
dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan prsamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel
|
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan matematika serta memiliki rasa
percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
|
·
Menunjukkan
sikap ingin tahu yang ditandai
dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru
·
Menunjukkan
sikap percaya diri dalam
mengkomunikasikan hasil-hasil tugas
|
|
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.4 Menentukan
persamaan
garis lurus dan grafiknya
|
·
Menggambargrafikpersamaangarislurusmenggunakantitik-titikkoordinat
·
Menggambargrafikpersamaangarislurusmenggunakantitikpotongsumbu
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi
dalam penugasan individu dan kelompok, siswa dapat:
1. MerasabersyukurterhadapkaruniaTuhanataskesempatanmempelajarikegunaanmatematikadalamkehidupansehari-harimelaluibelajarpersamaandanpertidaksamaanlinear satu variabel;
2. Menunjukkan sikap ingin tahu yang
ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab
dalam menyelesaiakan tugas dari guru;
4. Menggambargrafikpersamaangarislurusmenggunakantitik-titikkoordinat
5. Menggambargrafikpersamaangarislurusmenggunakantitikpotongsumbu
D. Materi Pembelajaran (rincian
dari Materi Pokok)
1.
Sebelum masuk kemateri grafik persamaan garis lurus siswa diarahkan
untuk mengamati fenomena alam yang berkaitan dengan persamaan garis lurus.


- Sebelum
mengenal persamaan garis lurus, sebaiknya siswa mengingat kembali materi
tentang system koordinat dan fungsi yaitu cara menentukan nilai suatu
variable.
- Siswa
mengamati kegiatan 4.1 dari contoh 4.1


- Setelah
siswa mengamati titik-titik gambar 4.2 ajak siswa untuk menalar apakah
diperlukan titik titik sebanyak itu untuk menentukan grafik persamaan
garis lurus? Adakah cara yang lebih mudah untuk menggambar grafik
persamaan garis lurus?
- Acak
siswa untuk mengamati kembali contoh.4.2, contoh 4.3, contoh 4.4.
E.
Metode
Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Tanya-jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok, dan
presentasi.
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : gambar, fotoatau video pembelajaran
2. Alat/Bahan
3. Sumber Belajar : Bukusiswa
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(Pertemuan Ke-1)
Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Rencana Waktu
|
Penda-huluan
|
·
Guru memberi salam dan mengajak siswa
berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa;
·
Siswa mengamati gambar, foto, atau
video yang berhubungan dengan fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan
dengan persamaan garis lurus
·
Siswa menanggapi cerita tentang manfaat belajar persamaan garis
lurus dalam kehidupan sehari-hari;
·
Siswa menyimak tujuan belajar dan
hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan;
·
Siswamenyimakinformasitentang cara belajar
yang akan ditempuh
·
Guru mengecek kemampuan prasyarat
siswa dengan tanya jawab
(siswa
diingatkan tentangsistemkoordinatdanfungsi
yang telahdipelajarisiswasebelumnyasebagaibahanapersepsiuntukmengenalpersamaangarislurus.)
|
10 menit
|
Inti
|
1. Mengamati:
Secara
klasikal siswa mengamati gambar, foto, atau video yang berhubungan dengan
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan persamaan garis lurus.
Ada tiga contoh permasalahan yang ditampilkan melalui layar LCD.Siswa
mengembangkan sikap bersyukur
|
10 menit
|
·
Menanya:
Siswa dimotivasi dan didorong
kreativitasnya untuk mengajukan
pertanyaan terkait hal-hal yang diamati atau dicermati serta memberi
gagasan yang menarik misal : bagaimana seorang menggambarkan suatu kejadian,
fenomena dalam persamaan garis lurus Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
|
10 menti
|
|
· Mengumpulkan informasi:
Secara berkelompok, siswa :
a. Mendikusikan, mendeskripsikan dan
menjelaskan kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas
sosial sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal, gambar atau
diagram, dan selanjutnya menyatakan dalam persamaan garis lurus
b. Mendeskripsikan,
menggambarkan dan menyajikan fungsi linear satu variable lkebentuk persamaan garis
lurus dan menyajikannya kedalam grafik garislurus
c. Mengamati cara menentukan titik yang
dilalui persamaan garis lurus pada tabel dan cara menggambar grafiknya.
d. Menggambarpersamaangarislurusmenggunakantitik
– titikpadabidangkoordinatcartesiusdengancermat
e. Dari hasil menggambargrafikpersamaanmenggunakantitik
– titikkoordinat,
mintalah siswa bernalar tentangcara menggambar grafik persamaan garis lurus
yang lebih mudahmelaluititikpotongsumbu dengan caramenentukan dua titik yang
dilaluinya, yaitu dengan mensubtitusikan
jika x = 0 dan y = 0 pada persamaan garis lurus sehingga diperoleh dua
koordinat titik yang dilalui oleh garis tersebut.
|
15 menit
|
|
·
Mengolah
informasi: Melalui diskusi dalam kelompok, siswa menganalisis,
menalar, menyimpulkan, informasi yang
telah diperoleh/dikumpulkan melalui lembar kegiatan dan buku siswa dalam
rangka memahami cara menggambar grafik
menggunakan titik – titik koordinat dan titik potong sumbu.Siswa
mengembangkan sikap bertanggungjawab.
|
10menit
|
|
·
Mengkomunikasikan:
Secara klasikal, siswa wakil kelompok
(minimal dua kelompok) mengkomunikasikan pemahamannya dengan bahasa sendiri tentang
menggambar grafik persamaan garis lurus. Siswa lain didorong untuk bertanya
dan menanggapi. Umpan balik dan
penegasan (konfirmasi) diberikan terhadap hal-hal yang dikomunikasikan siswa.
Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
|
15 menit
|
|
Penutup
|
· Secara klasika ldan melalui
Tanya jawab siswa dibimbing
untuk merangkum isi
pembelajaran yaitu tentang grafik persamaan garis lurus.
·
Secara individu siswa melakukan
refleksi (penilaian diri) tentang hal-hal yang telahdilakukanselama proses belajar pada
pertemuan ke-1. Siswa mengembangkan sikap
bersyukur.
·
Siswa mencermati informasi bahan
pekerjaan rumah (PR) (Bahan PR
terlampir)
·
Siswa mencermati Informasi garis besar
isi kegiatan pada pertemuan berikutnya.
|
5
menit
|
F.
Penilaian
(Pertemuan Ke-1)
1. Teknik Penilaian:
No
|
Aspek yang
diamati/dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1
|
Sikap spiritual
|
Lembar observasi
|
|
2
|
Sikap ingin tahu
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan inti dan Penutup
|
3
|
Sikap tanggungjawab
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan inti dan Penutup
|
4
|
Pengetahuan: Kemampuan menggambar grafik persamaan garis lurus
|
Penugasan (mengerjakan latihan)
|
Kegiatan Inti
|
Tes tertulis
|
Awal pertemuan ke-2
|
PedomanObservasiSikap
Spiritual
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa.Berilah tanda cek (v)
pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkanolehsiswa, dengan
criteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataandan
kadang-kadang
tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukandan
Sering
tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
LembarPengamatansikap
NamaSiswa :
Kelas :
TanggalPengamatan :
MateriPokok : PersamaanGarisLurus
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam
sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap Pertemuan Ke-1
(alternatif-2)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Topik : persamaan
garis lurus
Waktu Pengamatan : ..........................................................................
Petunjuk:
1. Fokus
sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran
pertemuan ke-1 adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
2. Kriteria perkembangan sikap RASA INGIN
TAHU
Sangat baikjika menunjukkan
adanya usaha untuk mencoba atau bertanya
dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran, cenderung
ajeg/konsisten tetapi masih belum terus menerus
Cukup
jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk mencoba atau
bertanya dalam proses pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
Kurangjika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya
atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
3. Kriteria
perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
Sangat baikjika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok, cenderung
ajeg/konsisten tetapi belum terus menerus
Cukup
jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam
melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi
belum ajeg/konsisten
Kurang jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
4. Tuliskan
tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
|
Nama
|
Rasa ingin tahu
|
Tanggungjawab
|
||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SB =
sangat baik B = baik C = Cukup
K = kurang baik
Kemukakan ulasan tentang system koordinat dan
fungsi yang telah dipelajari siswa sebelumnya sebagai bahan apersepsi untuk mengenal
persamaan garis lurus.
1.
InstrumenPenilaianKompetensiPengetahuan
Kompetensidasar :3.4 : menentukan persamaan garis lurus dan grafiknya
Contoh 1: Soaluraian. Domain Pemahaman
Soal:
INDIKATOR
|
INSTRUMEN
|
1. Menggambargrafikpersamaangarislurusmenggunakantitik-titikkoordinat
2. Menggambar
grafik persamaan garis lurus menggunakan titik potong sumbu
|
Soal 1 :
Gambarlah grafik persamaan garis y = 3x
Soal 2:
Gambarlah grafik persamaan garis x + 3y =2
Soal 3 :
Selidiki apakah titik – titik di bawah ini
terletak pada garis y = 2x
a. A(2,3)
b. B(-50,-100)
c. C(1,2)
d. D(1/2,1)
e. E(10,20)
f.
F(-3,-6)
|
Batam,
september 2014
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DASLIM, S.Pd DASLIM, S.Pd NIP: 19631231
199103 1 191 NIP:
19631231 199103 1 191
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(PERTEMUAN
KE-2 )
Nama Sekolah : SMP 38 Batam
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/Satu
Materi Pokok : Persamaan
garis lurus
Sub Topik : Menentukan kemiringan persamaan garis lurus
Alokasi Waktu : 3x 35 menit
Alokasi Waktu
pertemuan ke-2: 3 jam
A. Komptensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi:
Kompetensi
Inti (KI)
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
·
Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas
kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui
belajar persamaan garis lurus
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif,
dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah;
|
·
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab dalam
menyelesaikan tugas dari guru
·
Menunjukkan
sikap gigih (tidak mudah menyerah)
dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan prsamaan garis
lurus
|
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan matematika serta memiliki rasa
percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
|
·
Menunjukkan
sikap ingin tahu yang ditandai
dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru
·
Menunjukkan
sikap percaya diri dalam
mengkomunikasikan hasil-hasil tugas
|
|
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.4 Menyelesaikan persamaan garis
lurus
|
mengidentifikasi
persamaan garis lurus dan grafiknya
menentukan
gradien garis lurus
|
|
|
|
B.
Tujuan Pembelajaran (Pertemuan Ke-2)
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi
dalam penugasan individu dan kelompok, siswa dapat:
I.
merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas
kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui
belajar persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variabel;
II.
menunjukkan
sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
III.
menunjukkan
sikap bertanggungjawab dalam menyelesaiakan tugas dari guru;
IV.
mengidentifikasi gradien garis lurus
V.
Menentukan
gradien dan rumus persamaan garis lurus.
C.
Materi
Pembelajaran (Pertemuan Ke-2)
Siswa
SMP/MTs mempelajari gradien untuk pertama kali adalah pada Kompetensi Dasar
(KD) 3.4 (KD kelompok Pengetahuan). KD ini dipelajari dalam beberapa kali
pertemuan. Ada beberapa tahapan kemampuan berurutan yang dilalui siswa dalam
mempelajari KD 3.4 ini, yaitu:
1. mengidentifikasi persamaan garis
lurus dan grafiknya
2. menentukan gradien garis lurus
3. rumus persamaan garis lurus
Kemampuan-kemampuan
tersebut berhubungan hirarkis, sehingga tahapan nomor-1 ditempuh sebelum
mempelajari tahapan nomor 2, tahapan nomor 2 ditempuh sebelum mempelajari
tahapan nomor 3, dan seterusnya.
RPP Pertemuan Ke-1 ini adalah rancangan pembelajaran yang
terkait tahapan nomor 1. Materi ajar yang dipelajari siswa adalah: Pengertian gradien garis lurus
1.
Gradien adalah Gradien suatu garis
miring disebut
kecondongan atau kemiringan garis itu secara matematis, gradient adalah
perbandingan komponen Y ( Ordinat ) dan Komponen X ( absis) antara dua titik pada
garis itu.Gradien suatu garis bias dinotasikan lambang
2.
Simbol
atau Lambang gradien dengan huruf m
Simbol adalah huruf
atau tanda yang digunakan untuk menyatakan unsur, senyawa, sifat, atau satuan
matematika (KBBI).
Simbol Aljabar
adalah simbol yang mewakili (menunjuk)
sebarang bilangan. Simbol gradien huruf,
tanda tertentu. Pada sebarang simbol gradien dapat diberikan nilai (bilangan)
tertentu sesuai persyaratan yang dikehendaki.
Contoh-1:
Pengertian
gradien









x
Gradien garis PQ yaitu :
Komponen y garis PQ Y


Komponen x garis PQ X
Contoh-2:
Nilai gradien


![]() |

![]() |
m>0 Gradien
(m) bernilai positif jika suatu garis condong kekanan.
![]() |

m=0 Gradien (m)bernilai nol jika suatu garis
sejajar sumbu X
![]() |
|||
![]() |


Gradien (m) tidak terdefinisi jika suatu garis sejajar disumbu Y
![]() |
D.
Metode
Pembelajaran (Pertemuan Ke-2)
Tanya-jawab,
penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok, dan presentasi.
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(Pertemuan Ke-2)
Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Rencana Waktu
|
Penda-huluan
|
·
Guru memberi salam dan mengajak siswa
berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa;
·
Siswa mendengarkan dan menanggapi
cerita tentang manfaat belajar tentang
kemiringan / gradien garis lurus dalam
kehidupan sehari-hari;
·
Siswa menyimak tujuan belajar dan
hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan;
·
Siswa menyimak informasi tentang cara belajar
yang akan ditempuh
·
Guru mengecek kemampuan prasyarat
siswa dengan tanya jawab
(Bahan informasi manfaat belajar gradien
dan daftar pertanyaan apersepsi terlampir)
|
10 menit
|
Inti
|
a. Mengamati:Secara
klasikal siswa mengamati dan mencermati contoh permasalahan sehari-hari yang
berhubungan dengan simbol gradien
b. .Siswa
mengembangkan sikap bersyukur.(Contoh
permasalahan terlampir)
|
10 menit
|
6 Menanya: Siswa
didorong untuk mengajukan pertanyaan
terkait hal-hal yang diamati atau dicermati. Siswa mengembangkan sikap
ingin tahu.
|
10 menti
|
|
7
Mengumpulkan informasi: Secara berkelompok, siswa mengerjakan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang
terkait dengan pertanyaan-pertanyaan
pada contoh permasalahan yang telah ditampilkan (Bahan LKS terlampir)
|
15 menit
|
|
8 Mengolah
informasi: Melalui diskusi dalam
kelompok, siswa menganalisis, menalar, menyimpulkan, informasi yang telah diperoleh/dikumpulkan
melalui LKS dalam rangka memahami
pengertian dari gradien, bentuk dari gradien. Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab.
|
15 menit
|
|
9
Mengkomunikasikan: Secara klasikal, siswa wakil kelompok (minimal dua kelompok)
mengkomunikasikan pemahamannya dengan
bahasa sendiri tentang pengertian dari gradien, bentuk gradien. Umpan balik
dan penegasan (konfirmasi) diberikan terhadap hal-hal yang dikomunikasikan
siswa. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
|
20 menit
|
|
Ice Breaking
|
5 menit
|
|
10
Mengamati, menanya (dalam diri), mengumpulkan dan
mengolah informasi: Secara
individu siswa berlatih menyusun dan mengidentifikasi unsur-unsur bentuk
gradien. Siswa mengembangkan sikap
tanggungjawab (Soal latihan terlampir)
|
10 menit
|
|
11
Mengkomunikasikan:Secara kelompok, siswa saling memeriksa,
mengoreksi, berdiskusi dan memberikan
masukan terkait hasil Latihan yang dibawa oleh tiap anggota. Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab dan
ingin tahu.
|
5 menit
|
|
12
Secara
klasikal, siswa wakil satu kelompok melaporkan hasil penyelesaian Latihan.
Wakil kelompok ditunjuk secara acak. Siswa lain didorong untuk bertanya dan
menanggapi. Umpan balik dan penegasan (konfirmasi) diberikan terhadap hal-hal yang
dilakukan atau dikomunikasikan siswa. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
|
5 menit
|
|
Penutup
|
13
Secara
klasikal dan melalui tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkum isi
pembelajaran yaitu tentang gradien, dan bentuk gradien.
14
Secara
individu siswa melakukan refleksi
(penilaian diri) tentang hal-hal yang telah dilakukan selama proses belajar
pada pertemuan ke-1. Siswa
mengembangkan sikap bersyukur.
15
Siswa
mencermati informasi bahan pekerjaan rumah (PR) (Bahan PR terlampir)
16
Siswa
mencermati Informasi garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya,
yaitu mengidentifikasi unsur-unsur bentuk gradien dan dilanjutkan belajar
melakukan tentang persamaan garis lurus.
|
15 menit
|
F.
Penilaian
(Pertemuan Ke-2)
2. Teknik Penilaian:
No
|
Aspek yang
diamati/dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1
|
Sikap bersyukur
|
Penilaian diri
|
|
2
|
Sikap ingin tahu
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan inti dan Penutup
|
3
|
Sikap tanggungjawab
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan inti dan Penutup
|
4
|
Pengetahuan: Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar
|
Penugasan (mengerjakan latihan)
|
Kegiatan Inti
|
Tes tertulis
|
Awal pertemuan ke-2
|
3. Bentuk dan Instrumen penilaian, serta
Pedoman Penskoran:
Bahan Tes:
Petunjuk:
1. Kerjakan
soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh
bekerjasama.
2. Setelah
selesai
3. Pilihlah
jawaban soal kemudian jawablah pertanyaan/perintah di bawahnya.
4. Contoh
soal dibuku siswa halaman 119 No. 1s/d5
Pedoman
Penskoran Hasil Tes:
No Soal
|
Aspek
Penilaian
|
Rubrik
Penilaian
|
Skor
|
Skor
Maksimal
|
|
Pilihan jawaban
|
Benar
|
10
|
20
|
Salah atau tidak ada pilihan jawaban
|
0
|
|||
Alasan jawaban
|
Benar
|
20
|
||
Sebagian besar benar
|
15
|
|||
Sebagian kecil benar
|
5
|
|||
Tidak ada alasan jawaban
|
0
|
|||
|
Jawaban
|
Benar
|
10
|
10
|
Salah
|
3
|
|||
Tidak ada jawaban
|
0
|
|||
|
Pilihan jawaban
|
Jawaban: Ada
|
10
|
20
|
Jawaban : Tidak ada
|
3
|
|||
Tidak ada jawaban
|
0
|
|||
Macam jawaban
|
Benar
|
10
|
||
Salah
|
3
|
|||
Tidak ada jawaban
|
0
|
|||
|
Pilihan jawaban
|
Jawaban: Ya
|
10
|
25
|
Jawaban : Tidak
|
5
|
|||
Tidak ada jawaban
|
0
|
|||
Alasan jawaban
|
Seluruhnya benar
|
15
|
||
Sebagian besar benar
|
10
|
|||
Sebagian kecil benar
|
5
|
|||
Tidak ada alasan jawaban
|
0
|
|||
|
Macam jawaban
|
Tiga jawaban benar
|
15
|
15
|
Dua jawaban benar
|
10
|
|||
Satu jawaban benar
|
5
|
|||
Semua jawaban salah
|
2
|
|||
Tidak ada jawaban
|
0
|
|||
|
Skor maksimal =
|
-
|
100
|
|
|
Skor minimal =
|
-
|
0
|
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap Pertemuan Ke-2
(alternatif-1)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Topik : Persamaan garis
lurus
Waktu Pengamatan :
..........................................................................
Petunjuk:
1. Fokus
sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran
pertemuan ke-1 adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
2.
Tulislah angka 1, 2, 3, atau 4 pada
kolom sikap sesuai hasil pengamatan.
NO
|
![]()
NAMA
|
RASA INGIN TAHU
|
TANGGUNG JAWAB
DLM KELOMPOK
|
KETERANGAN
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
Keterangan:
1 = kurang konsisten, 2 = mulai konsisten, 3 = konsisten. 4 = selalu
konsisten
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap Pertemuan Ke-2
(alternatif-2)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Topik : Persamaan
garis lurus
Waktu Pengamatan : ..........................................................................
Petunjuk:
1. Fokus
sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran
pertemuan ke-1 adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
2. Kriteria perkembangan sikap RASA INGIN
TAHU
Sangat baikjika menunjukkan
adanya usaha untuk mencoba atau bertanya
dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran, cenderung
ajeg/konsisten tetapi masih belum terus menerus
Cukup
jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk mencoba atau
bertanya dalam proses pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
Kurangjika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya
atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
3.
Kriteria perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam
kelompok)
Sangat baikjika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok, cenderung
ajeg/konsisten tetapi belum terus menerus
Cukup
jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam
melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi
belum ajeg/konsisten
Kurang jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
4. Tuliskan
tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
|
Nama
|
Rasa ingin tahu
|
Tanggungjawab
|
||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SB = sangat baik B = baik C = Cukup
K = kurang baik
Lembar Penilaian Diri:
Mata
Pelajaran : Matematika
Nama :______________________________________________________________
Kelas : VIII
Topik : Persamaan garis lurus
Tanggal Mengisi :______________________________________________________________
No
|
Pernyataan
|
Alternatif
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Saya
bersyukur atas kesempatan yang
diberikan Tuhan dalam mempelajari GRADIEN
sehingga saya dapat mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
2.
|
Saya
bersyukur atas kesempatan berlatih
untuk bertanggungjawab menyelesaikan tugas melalui belajar unsur-unsur bentuk GRADIEN
|
|
|
3.
|
Saya telah
memahami tentang mengidentifikasi
bentuk gradien
|
|
|
4.
|
Saya
optimis dapat memperbaiki pemahaman saya terhadap hal-hal yang belum saya
pahami sepenuhnya dalam belajar tentang mengidentifikasi gradien
|
|
|
5.
|
Saya akan
belajar keras untuk mempelajari lebih
lanjut terkait mengidentifikasi gradien
dan saya yakin akan bisa memahaminya
|
|
|
6.
|
Saya telah
berperan aktif dalam kegiatan belajar matematika pada hari ini
|
|
|
7.
|
Saya akan
berperan lebih banyak selama belajar
matematika dalam kelompok pada hari-hari yang akan datang dan saya yakin hal itu bisa saya lakukan
|
|
|
G.
Sumber
Belajar (Pertemuan Ke-2)
1. Bahan
informasi tentang pengertian dan gradien(file
word/Ppt);
2. Daftar pertanyaan untuk apersepsi;
3. Contoh peristiwa sehari-hari yang
berhubungan dengan Persamaan garis (file
word/Ppt);
4. Bahan
untuk lembar kerja siswa;
5. Bahan
latihan;
6. Bahan
pekerjaan rumah;
7. Buku
Siswa Mata Pelajaran Matematika Jilid VIII, Kemdikbud, 2013
Batam,
september 2014
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran