SILABUS MATEMATIKA KELAS IX TA 2017/2018

Manfaat silabus 
Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu standar kompetensi maupun untuk satu kompetensi dasar. Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran seperti pembuatan rencana pembelajaran sebab proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, sebagai pengelolaan kegiatan pembelajaran karena memberikan gambaran mengenai pokok-pokok program yang akan dicapai dalam suatu mata pelajaran misalnya pembelajaran secara klasikal, kelompok kecil atau pembelajaran individual dan pengembangan sistem penilaian yang dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada standar kompetensi, kompetensi dasar dan pembelajaran yang terdapat di dalam silabus, dengan demikian sebagai ukuran dalam melakukan penilaian keberhasilan suatu program pembelajaran serta manfaat selanjutnya sebagai dokumentasi tertulis (witten document) sebagai akuntabilitas suatu program pembelajaran

Source: https://www.eurekapendidikan.com/2015/06/pengertian-dan-prinsip-prinsip.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan


PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran                       : Matematika
Satuan Pendidikan                  : SMP NEGERI 51 BATAM
Kelas   / Semester                   :  IX  /  2
Tahun Pelajaran                      : 2017-2018


No
Kompetensi Dasar
Alokasi
wktu
1
3.7 Jaring-jaring tabung, kerucut dan bola
5
2
3.8 Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola
10
3
3.9 Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya
10

4
3.10 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar variabel
5
5
3.11 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel
5
6
3.12 Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data
10

7
3.13 Memahami teknik  penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata serta menentukan hubungan antar variabel untuk mengambil kesimpulan
5

8
3.14 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik serta mengidentifikasi hubungan antar variabel serta mengambil kesimpulan
5
9
3.15 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik
10

10
3.16 Memahami konsep ruang sampel dan menentukan anggota melalui percobaan


11
3.17 Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah nyata
10


Ulangan Harian
9


Ulangan Semester / Mid. Semester
4


Cadangan / Pengayaan
8

Mengetahui :                                                                                                                                                                                                                                                   BATAM, 03 JANUARI 2018
Kepala Sekolah SMP NEGERI 13 BATAM                                Guru Mata Pelajaran MATEMATIKA



ARIS DJAFRIL,S.Pd                                                                  PARDOMUAN SITANGGANG,M.Pd

NIP. 198104302006041010                                                          NIP. 19831230 201001 1 007
Previous Post Next Post