Manfaat silabus
Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu standar kompetensi maupun untuk satu kompetensi dasar. Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran seperti pembuatan rencana pembelajaran sebab proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, sebagai pengelolaan kegiatan pembelajaran karena memberikan gambaran mengenai pokok-pokok program yang akan dicapai dalam suatu mata pelajaran misalnya pembelajaran secara klasikal, kelompok kecil atau pembelajaran individual dan pengembangan sistem penilaian yang dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada standar kompetensi, kompetensi dasar dan pembelajaran yang terdapat di dalam silabus, dengan demikian sebagai ukuran dalam melakukan penilaian keberhasilan suatu program pembelajaran serta manfaat selanjutnya sebagai dokumentasi tertulis (witten document) sebagai akuntabilitas suatu program pembelajaran
Source: https://www.eurekapendidikan.com/2015/06/pengertian-dan-prinsip-prinsip.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran :
Matematika
Satuan Pendidikan :
SMP NEGERI 51 BATAM
Kelas
/ Semester : IX / 2
Tahun
Pelajaran : 2017-2018
No
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi
wktu
|
|
1
|
3.7
Jaring-jaring tabung, kerucut dan bola
|
5
|
|
2
|
3.8
Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola
|
10
|
|
3
|
3.9
Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang
tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya
|
10
|
|
4
|
3.10 Memahami teknik
penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram
lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar
variabel
|
5
|
|
5
|
3.11 Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar
variabel
|
5
|
|
6
|
3.12 Menentukan nilai
rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data
|
10
|
|
7
|
3.13 Memahami teknik penyajian data dari dua variabel menggunakan
tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata serta menentukan hubungan antar
variabel untuk mengambil kesimpulan
|
5
|
|
8
|
3.14 Mengumpulkan,
mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam
bentuk tabel dan berbagai grafik serta mengidentifikasi hubungan antar variabel
serta mengambil kesimpulan
|
5
|
|
9
|
3.15 Menentukan
peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik
|
10
|
|
10
|
3.16 Memahami konsep ruang
sampel dan menentukan anggota melalui percobaan
|
|
|
11
|
3.17 Menerapkan
prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah nyata
|
10
|
|
|
Ulangan Harian
|
9
|
|
|
Ulangan Semester / Mid.
Semester
|
4
|
|
|
Cadangan / Pengayaan
|
8
|
Mengetahui : BATAM, 03 JANUARI
2018
Kepala Sekolah SMP NEGERI 13 BATAM Guru Mata Pelajaran MATEMATIKA
ARIS DJAFRIL,S.Pd PARDOMUAN
SITANGGANG,M.Pd
NIP.
198104302006041010 NIP. 19831230 201001 1
007