Persamaan Linear RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(SATU PERTEMUAN)
Nama Sekolah : SMP Harapan Bangsa
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Satu
Jumlah Pertemuan seluruhnya : 7 pertemuan
Alokasi Waktu seluruhnya : 17 jam @ 40 menit
Pertemuan ke : 1 dari 7 pertemuan
Alokasi Waktu Pertemuan ke-1 : 2 jam @ 40 menit
Kompetensi Dasar Persamaan Linear Persamaan Linear :
- Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan tentang persamaan dan pertidaksamaan linear.
- Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
- Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
IndikatorPencapaian Kompetensi
Siswa mampu:
- menunjukkan rasa ingin tahu dalam melakukan penyelidikan tentang persamaan dan pertidaksamaan linear.
- bertanggungjawab dalam kelompok belajarnya;
- mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar;
- menyusun bentuk aljabar;
- melakukan operasi bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan);
- menentukan nilai variabel dari suatu persamaan linear satu variabel;
- membuat model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel;
- menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel;
- menentukan nilai variabel dari suatu pertidaksamaan linear satu variabel;
- membuat model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier satu variabel;
- menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel;
Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok, siswa dapat: mengembangkan rasa ingin tahu dan tanggungjawab kelompok dalam:
Pertemuan-1(2 × 40 menit)
- menunjukkan ingin tahu selama mengikuti proses pembelajaran
- bertanggungjawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
- mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar yang melibatkan peristiwa sehari-hari;
- mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar yang melibatkan konsep matematika;
- menyusun bentuk aljabar yang melibatkan peristiwa sehari-hari;
- menyusun bentuk aljabar yang melibatkan konsep matematika.
Pertemuan-2 (3× 40 menit)
Baca Juga : Contoh Operasi Penjumlahan Bilangan Campuran ( Pecahan)
TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) MATEMATIKA FASE D
- menunjukkan ingin tahu selama proses pembelajaran
- bertanggung jawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
- mengidentifikasi suku-suku sejenis dan tidak sejenis;
- melakukan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar;
- melakukan perkalian dan pembagian bentuk aljabar dan perpangkatan bentuk aljabar.
Pertemuan-3(2 × 40 menit)
- menunjukkan ingin tahu selama proses pembelajaran
- bertanggungjawab dalam kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
- menyusun persamaan linear satu variabel yang melibatkan konsep matematika;
- menyelesaikan suatu persamaan linear satu variabel.
Pertemuan-4(3 × 40 menit)
- menunjukkan ingin tahu selama proses pembelajaran
- bertanggung jawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
- membuat model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel;
- merumuskan masalah nyata berdasarkan model matematika yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel;
- menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
Pertemuan-5 (2 × 40 menit)
- menunjukkan ingin tahu selama proses pembelajaran
- bertanggungjawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
- menyusun pertidaksamaan linear satu variabel yang melibatkan konsep matematika;
- menyelesaikan suatu pertidaksamaan linear satu variabel.
Pertemuan-6 (3 × 40 menit)
- menunjukkan ingin tahu selama proses pembelajaran
- bertanggung jawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
- membuat model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel;
- merumuskan masalah nyata berdasarkan model matematika yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel;
- menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel.
Pertemuan-7(2 × 40 menit)
Ulangan harian dan pembahasan.