Persamaan Linear Satu Variabel

 Persamaan Linear RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(SATU PERTEMUAN)

Nama Sekolah : SMP Harapan Bangsa

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester     : VII/Satu

Jumlah Pertemuan seluruhnya : 7 pertemuan

Alokasi Waktu  seluruhnya :  17 jam @ 40 menit  

 Pertemuan ke : 1 dari 7 pertemuan

Alokasi Waktu  Pertemuan ke-1 :  2 jam @ 40 menit  

Kompetensi Dasar Persamaan Linear Persamaan Linear

  1. Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan tentang persamaan dan pertidaksamaan linear.
  2. Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear  satu variabel.
  3.  Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.

IndikatorPencapaian Kompetensi

Siswa mampu:

  1. menunjukkan rasa ingin tahu dalam melakukan penyelidikan tentang persamaan dan pertidaksamaan linear.
  2. bertanggungjawab dalam kelompok belajarnya;
  3. mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar;
  4. menyusun bentuk aljabar;
  5. melakukan operasi bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan);
  6. menentukan nilai variabel dari suatu persamaan linear satu variabel;
  7. membuat model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel;
  8. menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel;
  9. menentukan nilai variabel dari suatu pertidaksamaan linear satu variabel;
  10. membuat model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier satu variabel;
  11. menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel;

Tujuan Pembelajaran 

Melalui pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok,  siswa dapat: mengembangkan rasa ingin tahu dan tanggungjawab kelompok dalam:

Pertemuan-1(2 × 40 menit)

  1. menunjukkan ingin tahu selama mengikuti proses pembelajaran
  2. bertanggungjawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
  3. mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar yang melibatkan peristiwa sehari-hari; 
  4. mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar yang melibatkan konsep matematika;
  5. menyusun bentuk aljabar yang melibatkan peristiwa sehari-hari;
  6. menyusun bentuk aljabar yang melibatkan konsep matematika.

Pertemuan-2 (3× 40 menit)

Baca Juga : Contoh Operasi Penjumlahan Bilangan Campuran ( Pecahan)

TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) MATEMATIKA FASE D
  1. menunjukkan ingin tahu selama proses pembelajaran
  2. bertanggung jawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
  3. mengidentifikasi suku-suku sejenis dan tidak sejenis;
  4. melakukan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar;
  5. melakukan perkalian dan pembagian bentuk aljabar dan perpangkatan bentuk aljabar.

Pertemuan-3(2 × 40 menit)

  1. menunjukkan ingin tahu selama proses pembelajaran
  2. bertanggungjawab dalam kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
  3. menyusun persamaan linear satu variabel yang melibatkan konsep matematika;
  4. menyelesaikan suatu persamaan linear satu variabel.

Pertemuan-4(3 × 40 menit)

  1. menunjukkan ingin tahu selama proses pembelajaran
  2. bertanggung jawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
  3. membuat model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel;
  4. merumuskan masalah nyata berdasarkan model matematika yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel;
  5. menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.

Pertemuan-5 (2 × 40 menit)

  1. menunjukkan ingin tahu selama proses pembelajaran
  2. bertanggungjawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
  3. menyusun pertidaksamaan linear satu variabel yang melibatkan konsep matematika;
  4. menyelesaikan suatu pertidaksamaan linear satu variabel.

Pertemuan-6 (3 × 40 menit)

  1. menunjukkan ingin tahu selama proses pembelajaran
  2. bertanggung jawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
  3. membuat model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel;
  4. merumuskan masalah nyata berdasarkan model matematika yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel;
  5. menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel.

Pertemuan-7(2 × 40 menit)

Ulangan harian dan pembahasan.

Post a Comment

pardomuansitanggang@gmail.com

Previous Post Next Post