RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(PERTEMUAN KE-1 DARI 2 PERTEMUAN)
Nama Sekolah : SMP
Negeri 51 Batam
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Menyajikan data
dalam bentuk diagram batang
: Menyajikan data dalam
bentuk diagram garis
Jumlah Pertemuan
seluruhnya: 2 pertemuan
Alokasi Waktu pertemuan ke-1: 2 jam @ 35 menit atau 70 menit
A. Komptensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
Kompetensi Inti (KI)
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
·
Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari
kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar menyajikan
data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran.
|
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti,
bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan
masalah;
|
·
Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas dari guru
·
Menunjukkan sikap gigih (tidak mudah menyerah) dalam memecahkan masalah yang
berkaitan dengan menyajikan
data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran.
|
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan matematika
serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar
|
·
Menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan
atau guru
·
Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas
|
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.3 Menyelesaikan Menyajikan data dalam bentuk diagram batang.
|
·
mengidentifikasi
informasi yang terkandung dalam tabel dan diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran.
·
Menginput data ke dalam
komputer.
·
menyelesaikan
penyajian data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran dengan
menggunakan komputer.
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.3 Membuat dan menyelesaikan
langkah-langkah penyajian data dalam bentuk diagram batang, diagram garis,
dan diagram lingkaran dengan menggunakan komputer.
|
·
membuat langkah-langkah
penyelesaian penyajian data dalam bentuk diagram batang dengan menggunakan
komputer.
·
menyelesaikan
penyajian data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran dengan menggunakan komputer.
|
B. Tujuan Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Melalui proses
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan
kelompok, siswa dapat:
1.
merasa
bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan
matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar penyajian data dalam bentuk diagram batang
dengan menggunakan komputer.
2.
menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan
bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
3.
menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaiakan
tugas dari guru;
4.
mengidentifikasi
unsur-unsur diagram
batang.
5.
menyusun
penyajian data dalam
bentuk diagram batang dengan menggunakan komputer.
C. Materi
Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Siswa SMP/MTs mempelajari Statistika untuk pertama kali
adalah pada Kompetensi Dasar (KD) 3.3 (KD kelompok Pengetahuan). KD ini
dipelajari dalam beberapa kali pertemuan. Ada beberapa tahapan kemampuan
berurutan yang dilalui siswa dalam mempelajari KD 3.3 ini, yaitu:
1.
mengidentifikasi unsur-unsur diagram batang.
2.
melakukan penyajian data dalam bentuk diagram batang dengan
menggunakan komputer.
3.
menyelesaiakn penyajian data dalam bentuk diagram batang dengan
menggunakan komputer.
Dalam kehidupan sehari –hari sering dijumpai penyajian
data dalam bentuk tabel, diagram dan grafik, salah satunya dalam bidang ekonomi
dan perbankan yang sering dijumpai adalah fluktuatif nilai tukar rupiah
terhadap dolar As yang sering disebut dengan kurs.
Setiap hari selalu ada perubahan kurs mata uang yang
ditampilkan dalam bentuk diagram untuk mempermudah dalam mengamati peningkatan maupun penurunan
kurs mata uang yang terjadi.
Salah satu contoh yang dapat kita amati data nilai UAS
pelajaran matematika

Statistika:
ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis,
menginterpretasi,dan mempresentasikan data.
1. Pengertian
Data
Data
menurut statistika adalah sekumpulan informasi yang diperoleh dari suatu
pengamatan
2. Jenis-jenis data
a. Data Kualitatif ( Tidak berbentuk
bilangan)
Contoh:
Kualitas
suatu produk yaitu baik, sedang, dan kurang.
b. Data Kuantitatif diperoleh dari hasil
perhitungan dan berbentuk bilangan (numerik)
Contoh :
1.
Pegawai dari perusahaan X terdiri dari
160 laki-laki dan 70 perempuan.
2.
Panjang lintasan jalan tol X adalah 12,8
km
3. Pengumpulan Data
Dapat dilakukan dengan cara mencacah,
mengukur, dan mencatat dengan tally (turus)
4. Pengolahan Data
Pengolahan data adalah pemberian skor,
pengelompokan,perhitungan, dan sebagainya mengenai data yang kita miliki yang
diperoleh dari pengelompokan data.
5. Penyajian Data
a. Tabel
b. Diagram, terdiri dari: diagram batang,
diagram garis, dan diagram lingkaran.
i.
Penyajian data menggunakan komputer dengan diagram batang
Penyajian data dengan komputer lebih mudah lebih mudah.
Lebih praktis dan lebih akurat dibandingkan dengan penyajian manual. Oleh
karena itu kalian harus mampu menyajikan data dalam bentuk diagram batang,
diagram garis dan diagram lingkaran dengan menggunakan komputer. Salah satu
manfaat penyajian data dalam bentuk diagram batang adalah memudahkan kalian
dalam membaca dan menentukan frekuensi daru suatu data dengan cepat dan akurat.



D. Metode
Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Tanya-jawab, penugasan individu dan kelompok, test praktik,
diskusi kelompok, dan presentasi.
E. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Kegiatan
|
Uraian
Kegiatan
|
Rencana
Waktu
|
Penda-huluan
|
·
Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa;
·
Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita
tentang manfaat belajar Statistika dalam kehidupan sehari-hari;
·
Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
dicapai dalam pertemuan;
·
Siswa menyimak
informasi tentang cara belajar
yang akan ditempuh
·
Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
(Bahan informasi
manfaat belajar Statistika dan daftar pertanyaan apersepsi terlampir)
|
5 menit
|
Inti
|
1. Mengamati:Secara
klasikal siswa mengamati dan mencermati contoh permasalahan sehari-hari yang
berhubungan dengan penyajian data dalam
bentuk tabel dan diagram batang.
|
5 menit
|
2.
Menanya: Siswa didorong untuk
mengajukan pertanyaan terkait hal-hal
yang diamati atau dicermati. Siswa mengembangkan sikap percaya diri.
|
5 menit
|
|
·
Mengumpulkan informasi: Secara berpasangan, siswa didorong untuk mencari dan menuliskan informasi pada permasalahan, khususnya terkait informasi: apa
yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari permasalahan.
|
10 menit
|
|
3.
Mengolah informasi:
·
Secara berpasangan siswa melakukan
empat langkah kegiatan mengolah informasi terkait permasalahan, yaitu: (1) memilih strategi menyelesaikan permasalahan yaitu
dengan membuat data dalam bentuk tabel, (2) memasukkan data ke dalam tabel,
(3) mengerti maksud data yang ada dalam tabel dan merubahnya dalam bentuk
diagram batang dengan cara mengklik menu pilihan diagram batang (chart) pada
layar program excel, (4) mengecek jawaban
permasalahan apakah
sesuai dengan yang dicari dan apakah proses penyelesaian yangdilakukan
sudah efektif.Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab.
|
15 menit
|
|
4.
Mengkomunikasikan: Secara tertulis dan berpasangan siswa menjelaskan
proses dari menyelesaikan
permasalahan sejak tahap mengamati, menanya, mengumpulkan informasi dan mengolah
informasi.
Siswa mengembangkan sikap percaya diri.
|
15 menit
|
|
|
|
|
5. Mengamati, menanya (dalam diri), mengumpulkan dan mengolah informasi: Secara berpasangan siswa berlatih menyajikan
data dalam bentuk tabel menjadi bentuk diagram batang. Siswa mengembangkan sikap tanggungjawab (Soal latihan
terlampir)
|
10 menit
|
|
6. Mengkomunikasikan:Secara kelompok, siswa saling memeriksa,
mengoreksi, berdiskusi dan memberikan
masukan terkait hasil Latihan yang dibawa oleh tiap anggota. Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab dan percaya
diri.
|
5 menit
|
|
7.
Secara klasikal, siswa wakil satu kelompok melaporkan hasil penyelesaian
penugasan. Wakil kelompok ditunjuk secara acak. Siswa lain didorong untuk
bertanya dan menanggapi. Umpan balik dan penegasan (konfirmasi) diberikan
terhadap hal-hal yang dilakukan atau dikomunikasikan siswa. Siswa mengembangkan sikap percaya diri.
|
5 menit
|
|
Penutup
|
8. Secara
klasikal dan melalui
tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkum isi pembelajaran yaitu
tentang menyajikan data dalam bentuk diagram batang.
9.
Secara individu siswa melakukan refleksi (penilaian diri) tentang
hal-hal yang telah
dilakukan selama proses belajar pada pertemuan ke-1. Siswa mengembangkan sikap bersyukur.
10. Siswa mencermati informasi bahan pekerjaan rumah (PR) (Bahan PR
terlampir)
11. Siswa mencermati Informasi garis besar isi kegiatan
pada pertemuan berikutnya, yaitu menyajikan data dalam
bentuk diagram batang.
|
15 menit
|
F. Penilaian
(Pertemuan Ke-1)
1.
Teknik Penilaian:
No
|
Aspek yang diamati/dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
bersyukur
|
Penilaian diri
|
|
2
|
Sikap
Percaya Diri
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan inti dan Penutup
|
3
|
Sikap tanggungjawab
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan inti dan Penutup
|
4
|
Pengetahuan: Kemampuan
mengidentifikasi unsur-unsur diagram batang
|
Penugasan (Test Praktik)
|
Kegiatan Inti
|
Tes tertulis
|
Awal pertemuan ke-2
|
2.
Bentuk dan Instrumen penilaian, serta Pedoman Penskoran:
Bahan Tes:
Petunjuk:
1.
Kerjakan
soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh
bekerjasama.
2.
Setelah
selesai jawablah pertanyaan/perintah di bawahnya.
Soal:
Soal jawaban singkat
( Domain : penyajian
dan penafsiran)
Perhatikan table dan diagram batang berikut !
Jawablah dengan benar pertanyaan berikut :
1. Dari tabel di atas jenis pekerjaan apa yang paling
banyak?
2.Dari tabel di atas jenis pekerjaan apa yang paling
sedikit?
3. Dari tabel di atas berapa orang yang bekerja sebagai
Petani?
4. Dari tabel di
atas berapa jumlah orang yang didata
jenis pekerjaannya?
5. Berapakah jumlah jenis pekerjaan ?
6. data tentang apa yang disajikan pada table dan
diagram diatas?
Kunci jawaban :
1. PNS
2. Nelayan dan pedagang
3. 10 orang
4. 50 orang
5. 8 jenis pekerjaan
6. data jenis pekerjaan
Pedoman Penskoran Hasil Tes:
Jawaban
|
Skor
|
Jawaban salah
|
0
|
Jawaban benar
|
1
|
Rumus
penilaian :
x 100 = nilai

No
|
Nama
|
Nilai
|
1
|
|
|
2
|
|
|
...
|
|
|
32
|
|
|
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap
Pertemuan Ke-1 (alternatif-1)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Topik : Menyajikan
data dalam bentuk diagram batang menggunakan komputer
Waktu Pengamatan : 5 menit
Petunjuk:
1.
Fokus
sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran
pertemuan ke-1 adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
2.
Tulislah
angka 1, 2, 3, atau 4 pada kolom sikap sesuai hasil pengamatan.
NO
|
![]()
NAMA
|
PERCAYA DIRI
|
TANGGUNG JAWAB
|
KETERANGAN
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
Keterangan:
1 = kurang konsisten, 2 = mulai konsisten, 3 = konsisten.
4 = selalu konsisten
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap
Pertemuan Ke-1 (alternatif-2)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Topik : Menyajikan data
dalam bentuk diagram batang menggunakan komputer
Waktu Pengamatan : 5 menit
Petunjuk:
1.
Fokus
sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran
pertemuan ke-1 adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
2.
Kriteria perkembangan sikap PERCAYA DIRI
Sangat
baik jika menunjukkan
adanya usaha untuk mengekspresikan diri
dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik
jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk mengekspresikan
diri dalam proses pembelajaran, cenderung ajeg/konsisten tetapi masih belum
terus menerus
Cukup jika menunjukkan sudah ada
usaha mengekspresikan diri dalam proses pembelajaran tetapi belum
ajeg/konsisten
Kurang
jika sama
sekali tidak berusaha mengekspresikan diri atau acuh tak acuh (tidak mau tahu)
dalam proses pembelajaran
3.
Kriteria
perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
Sangat
baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Baik
jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam
melaksanakan tugas-tugas kelompok, cenderung ajeg/konsisten tetapi belum terus
menerus
Cukup jika menunjukkan sudah ada
usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi belum ajeg/konsisten
Kurang jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam
melaksanakan tugas kelompok
4.
Tuliskan
tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Tanggungjawab
|
||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SB = sangat baik
B = baik C = Cukup K = kurang baik
Lembar Penilaian Diri:
Nama/Kelas : …………………………………………………/VIII
Topik : Menyajikan
data dalam bentuk diagram batang dengan menggunakan
komputer
Hari/Tanggal Mengisi :
………………………………………………….
No
|
Pernyataan
|
Alternatif
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Saya telah mengikuti proses belajar di kelas dengan baik tentang
menyajikan
data dalam bentuk diagram batang dengan menggunakan computer
|
|
|
2.
|
Saya bersyukur atas kesempatan berlatih untuk bertanggungjawab
menyelesaikan tugas melalui belajar menyajikan data dalam bentuk
diagram batang dengan menggunakan komputer
|
|
|
3.
|
Saya optimis dapat memperbaiki pemahaman saya terhadap hal-hal
yang belum saya pahami sepenuhnya dalam belajar tentang menyajikan
data dalam bentuk diagram batang dengan menggunakan komputer
|
|
|
4.
|
Saya yakin bisa memahaminya dan akan belajar keras untuk
mempelajari lebih lanjut terkait Menyajikan
data dalam bentuk diagram batang dengan menggunakan komputer dan saya
|
|
|
5.
|
Saya mampu berperan aktif dalam kegiatan belajar tentang menyajikan
data dalam bentuk diagram batang dengan menggunakan komputer
|
|
|
6.
|
Saya yakin berperan lebih banyak
selama belajar matematika pada hari-hari yang akan datang dan saya
yakin hal itu bisa saya lakukan.
|
|
|
Indikator
:Siswa menunjukkan sikap penuh tanggungjawab dan percaya diri dalam mengikuti
proses pembelajaran materi menyajikan data dalam bentuk diagram batang dengan
menggunakan komputer (pernyataan bernilai positif).
Pernyataan
1 s/d 3 : Tanggung Jawab
Pernyataan
3 s/d 6 : Percaya diri
Dengan
kriteria :
3
pernyataan berarternatif “ya” = bernilai 4 = SB (Sangat Baik)
2
Pernyataan berarternatif “ya” = bernilai 3 = B (Baik)
1
Pernyataan berarternatif “ya” = bernilai 2 = C (Cukup)
0
Pernyataan berarternatif “ya” = bernilai 1 = K (Kurang Baik)
G. Sumber
Belajar (Pertemuan Ke-1)
1. Bahan informasi tentang pengertian dan manfaat belajar Statistika
(Internet)
2. Daftar
pertanyaan untuk apersepsi;
3.
Contoh peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan unsur-unsur penyajian data dalam bentuk
tabel dan diagram batang.
4.
Bahan
untuk lembar kerja siswa;
5.
Bahan
latihan;
6.
Bahan
pekerjaan rumah;
7.
Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Jilid VIII, Kemdikbud, 2014
Batam, september 2014
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SILAHKAN DOWNLOAD DISINI