STUDI KASUS UNTUK SD- SUPERVISI AKADEMIK

Skenario Masalah  :
Saya adalah kepala sekolah yang baru diangkat menjadi kepala sekolah di SD Negeri 01 di kabupaten Suka Maju. Sebelumnya saya adalah guru yang mengajar di sekolah yang sama selama 17 tahun dan saya berpengalaman mengajar di kelas I dan kelas II (satu dan dua ) jumlah siswanya  seluruhnya kelas  satu sampai dengan kelas IV  berjumlah 462 orang Siswa ( 12 Rombel ). Kenyataan yang saya hadapi kekurangan jumlah guru karena ada tiga orang guru purna tugas /pensiun, kekurangan tenaga guru honor yang belum berpengalaman.  Dari jaman kepala sekolah terdahulu /sebelum saya tiga tagun terakhir tidak pernah melakukan supervisi akademik karena kepala sekolahpun karena sering mengajar untuk mengatasi kekurangan guru dan guru yang tidak hadir . Permasalahan yang ada dua tahun terakhir hasil ujian Nasional disekolah kami  menurun. Sebagai kepala sekolah baru saya belum tahu persis bagaimana cara melakukan supervisi akademik yang baik. Saat ini yang saya coba lakukan hanya melihat sepintas guru mengajar dari luar ruang kelas perangkat pembelajaran gurupun saya hanya mengacu pada apa yang pernah saya lakukan, belum ada pembaharuan.
Saat rapat koordinasi pertama dengan dewan komite sekolah, beberapa permasalahan  saya sampaikan perlunya ada perubahan, terutama kurangnya jumlah dan kemampuan  guru dalam mengajar, menurunnya motivasi mengajar pada beberapa guru, dari sisi sarana prasarana  sekolah kami cukup memadai. Permasalahan saya bagaimana caranya menghadapi permasalahan ini  dan dari mana mulainya?


Tugas :
Ø  Bacalah kasus diatas secara seksama kemudian diskusikan dengan kelompok yang menjadi permasalahan pada kasus ini.
Ø  Jika anda adalah kepala sekolah pada sekolah ini  apa rencana tindakan yang anda lakukan.
Jawablah
Pertanyaan            :
  1. Temukan masalah utamanya?
  2. Mengapa masalah itu menjadi yang utama?
  3. Buatlah 1 rencana tindakan yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut?
Previous Post Next Post