·
Saya adalah Kepala sekolah yang baru dilantik di SMK – SBI. Sebelunya saya seorang guru
teladan pada SMA Negeri dengan masa kerja 12 tahun. Disamping itu
saya merupakan guru yang aktif berorganisasi, Saat pertama saya bertugas saya mulai melakukan observasi dan
supervisi ke kelas tanpa pemberitahuan terlebih dahulu . Kenyataan yang saya
temukan sungguh mengagetkan. Saya menemukan guru matematika sedang sibuk dengan SMS, sementara murid
mencatat di papan tulis . Di ruang guru
saya menemukan guru agama tiduran dan membiarkan murid di kelas
mencatat. Walaupun demikian saya juga menemukan guru yang mengajar dengan
profesional dan dengan perangkat pembelajaran yang memadai.Saya menyadari
salah satu kriteria RSBI ( Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional adalah:
“Peningkatan Kualitas pembelajaran“. Kesimpulan dari hasil
supervisi saya adalah
proses pembelajaran berfokus pada penyelesaian
kurikulum dan tidak mempertimbangkan
berbagai kebutuhan belajar.
·
Para guru cenderung untuk
mengarahkan proses belajar dan tidak memberikan banyak peluang bagi peserta
didik untuk menyalurkan pendapat atau terlibat
secara aktif.
·
Pembelajaran dilaksanakan secara
klasik dan kurang mempertimbangkan kebutuhan
individu peserta didik.
|
TUGAS:
Secara individu
bacalah dan pahami kasus diatas, kemudian diskusikan dengan kelompok dan kerjakan dan jawablah pertanyaan di
bawah ini :
|