Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/Satu
Materi Pokok : sistem koordinat
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Alokasi Waktu pertemuan ke-2: 3 jam @ 35 menit
A.
Komptensi Inti,
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
Kompetensi
Inti (KI)
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
· Merasa bersyukur
terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam
kehidupan sehari-hari melalui belajar persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis,
analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak
mudah menyerah dalam memecahkan masalah;
|
· Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas dari guru
· Menunjukkan sikap gigih (tidak mudah menyerah) dalam memecahkan masalah yang
berkaitan dengan prsamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya
diri, dan ketertarikan matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
|
· Menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan
atau guru
· Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas
|
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.10 Menggunakan koordinat Cartesius
dalam menjelaskan posisi relatif benda terhadap acuan tertentu
|
· Menggunakan koordinat kartesius untuk menentukan posisi titik terhadap
sumbu x
· Menggunakan koordinat kartesius untuk menentukan posisi titik terhadap
sumbu y
|
B. Tujuan Pembelajaran (Pertemuan Ke-2)
Melalui proses
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan
kelompok, siswa dapat:
1.
merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas
kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui
belajar persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variabel;
2.
menunjukkan sikap
ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
3.
menunjukkan sikap
bertanggungjawab dalam menyelesaiakan tugas dari guru;
4.
menggunakan
koordinat kartesius untuk menentukan
posisi titik terhadap sumbu x;
5.
menggunakan
koordinat kartesius untuk menentukan
posisi titik terhadap sumbu y.
C. Materi
Pembelajaran (Pertemuan Ke-2)
1.Siswa mengerjakan latihan 1.1 pada halaman 11 nomor 1 sampai 8 secara individu
D. Model pembelajaran Project based
learning
E. Metode
Pembelajaran (Pertemuan Ke-2)
penugasan individu
F. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran (Pertemuan Ke-2)
Kegiatan
|
Uraian
Kegiatan
|
Rencana
Waktu
|
Orientasi
siswa kepada masalah
|
·
Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa;
·
Siswa mengerjakan latihan 1.1 halaman 11 nomor soal 1 sampai dengan 8
·
Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
dicapai dalam pertemuan;
·
Guru selanjutnya
menjelaskan cara pembelajaran yang akan dilaksanakan seterusnya, yaitu
melalui penyelidikan, kerja kelompok, dan presentasi hasil;
·
Siswa menyimak informasi tentang cara belajar yang akan ditempuh.
|
15 menit
40 menit
|
Mengorganisasikan
siswa
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca buku siswa atau sumber lain
atau melakukan penyelidikan guna memperoleh informasi yang berkaitan dengan
masalah yang diberikan.
|
20 menit
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
·
Guru meminta siswa untuk melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan
informasi
terkait menentukan
posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y.
·
Guru membimbing siswa
dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kritis dalam mencari jawaban terkait
dengan masalah yang telah diberikan.
|
20 menit
|
·
|
||
Menganalisa
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
·
Guru membimbing siswa
untuk melakukan analisis terhadap pemecahan masalah terkait menentukan
posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y yang telah ditemukan siswa.
·
Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap
penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
·
Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi
yang telah dipelajari siswa.
|
10 menit
|
G. Penilaian
(Pertemuan Ke-2)
1.
Teknik Penilaian:
No
|
Aspek yang diamati/dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
bersyukur
|
Penilaian diri
|
|
2
|
Sikap ingin
tahu
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan inti dan Penutup
|
3
|
Sikap tanggungjawab
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan inti dan Penutup
|
4
|
Pengetahuan: Kemampuan
mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar
|
Penugasan (mengerjakan
latihan)
|
Kegiatan Inti
|
Tes tertulis
|
Akhir pertemuan ke-2
|
2.
Bentuk dan Instrumen penilaian, serta Pedoman Penskoran:
Bahan Tes:
Petunjuk:
1.
Kerjakan
soal latiahan 1.1 halaman 11 berikut
secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.
Setelah
selesai
3.
Pilihlah
jawaban soal kemudian jawablah pertanyaan/perintah di bawahnya.
Batam,
september 2014
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DOWLOAD => RPP SISTEM KOORDINAT