RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran
:
Matematika
Matematika
Kelas/Semester :
VIII/Ganjil
VIII/Ganjil
Materi
Pokok :
Teorema Pythagoras
Teorema Pythagoras
Pokok bahasan : Memahami Teorema Pyithagoras
Alokasi Waktu :1 Pertemuan (2 x 35 menit)
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Menggunakan teorema
Pythagoras untuk menentukan panjang sisi sisi segi tiga siku siku
|
Topik
/Tema
|
:
|
Teorema Pythagoras
|
Sub
Topik/Tema
|
:
|
1. Memahami teorema pythagoras
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
1.siswa dapat
menghitung panjang sisi segi tiga siku siku jika dua sisi lain diketahui
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
2 x 35 menit
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|
Mengamati
|
·
Siswa mengamati benda-benda di
sekitarnya yang permukaannya berbentuk segie tiga.
·
Siswa mencocokkan hasil
pengamatannya dengan alat peraga segi
tiga yang tersedia.
|
|
Menanya
|
·
Guru memfasilitasi siswa untuk
mengajukan pertanyaan berdasarkan bentuk-bentuk segie tiga yang teramati dan alat
peraga segitiga yang tersedia.
·
Guru memfasilitasi siswa untuk
mengajukan pertanyaan mengenai jenis dansegi tiga
·
Apabila proses bertanya dari siswa
kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/pancingan secara bertahap.
|
|
Catatan: Kegiatan menanya tersebut
diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa dalam mengembangkan sikap ingin tahu dan menghargai pikiran atau pendapat orang
lain.
|
||
Contoh pertanyaan
penuntun/pancingan:
1. Apa yangmuncul dibenak anda ketika anda
mengamati bentuk segitiga pada permukaan benda diruang ini
dengan alat peraga segiempat yang tersedia?
2. Bagaimana pendapat anda tentang unsur-unsur
segi tiga yang telah diamati?
|
Kemungkinan pertanyaan yang muncul
di benak siswa setelah didorong
bertanya antara lain:
1. Apakah
bentuk segiempat pada permukaan meja, papan tukis dll yang sama dengan alat
peraga segiempat yang tersedia?
2. Apakah
ada sisi yang sejajar?
3. Apakah
ada sisi yang sama panjang?
4. Apakah
ada sudut yang sama besar
|
|
Mengumpulkan informasi
|
·
Siswa mengumpulkan informasi
tentang persamaan dan perbedaan macam-macam segi tiga berdasarkan panjang sisi dan ukuran sudut .
·
Apabila proses mengumpulkan informasi dari siswa kurang lancar, Guru
melontarkan pertanyaan penuntun/pancingan secara bertahap.
|
|
Catatan: Proses mengumpulkan
informasi tersebut diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa dalam
mengembangkan sikap teliti,
tekun, menghargai pendapat
teman, dan santun.
|
||
Contoh
pertanyaan penuntun/pancingan:
Bagaimana caranya anda menunjukkan bahwa terdapat panjang sisi dan ukuran sudut
|
Informasi yang diharapkan dapat dikumpulkan oleh siswa:
Dengan menggunakan alat
peraga siswa menunjukkan bahwa:
1. Terdapat sisi yang saling
berpotongan
2. Terdapat segi tiga yang semua sudutnya sama besar dan terdapat
segi tiga
yang memiliki pasangan sudut yang berhadapan sama besar
|
|
Mengasosiasikan
|
·
Siswa mengidentifikasi
jenis-jenis segi tiga berdasarkan
panjang sisi
|
|
Catatan:Kegiatan asosiasi yang dilakukan oleh siswa pada
contoh tersebut dapat menjadi wahana
untuk mengembangkan sikap
teliti, kritis, berpikir logis dan analitis,
taat azas atau aturan, kerja keras dan gigih (tidak mudah menyerah),
kemampuan berpikir induktif dan menyimpulkan, menghargai pendapat
teman dan kemampuan berkomunikasi
(bila bekerja dalam kelompok).
|
||
Contoh pertanyaan
penuntun/pancingan:
Apakah ada perbedaan sudut dalam segi tiga
|
||
Mengkomunikasikan
|
·
Siswa mempresentasikan hasil
kerjannya
·
Melakukan diskusi untuk
melakukan penyimpulan hasil kerja
|
|
Kegiatan ‘mengkomunikasikan’ yang
dilakukan oleh siswa pada contoh ini diharapkan dapat menjadi wahana bagi
siswa untuk mengembangkansikap teliti, berpikir sistematis,
toleran, menghargai pendapat teman,
dan kemampuan berkomunikasi.
|
Batam,
september 2014
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMP NEGERI 51 BATAM
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester : VIII/satu
Materi
Pokok :Teorema pythagoras
Pokok
bahasan :
Menggunakan teorema pythagoras
Alokasi Waktu : 1Pertemuan (2 x 40
menit)
A.
Kompetensi
Inti.
1.
Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah
2.
Memiliki
rasa penasaran, percaya diri, dan ketertarikan dalam matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalu
pengalaman belajar.
3. Kompetensi dasar dan indicator
pencapaian kompetensi.
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1Menggunakan teorema Pythagoras
untuk menentukan panjang sisi sisi segi tiga siku siku
|
1 Menunjukkan
sikap ingin tau, kritis, konsisten dan
teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah
|
2
|
2.2 Memiliki rasa ingin tahu (penasaran ),
percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya
pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka,
santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
2.2.1 Menemukan
|
3
|
3.6
Mengidentifikasi panjang sisi sisi segi tiga siku siku
|
3.6.1Menemukan dengan percaya diri dan toleransi dalam
diskusi.
3.6.2Menemukan panjang sisi sisi
segi tiga siku siku dengan percaya diri dan toleransi dalam diskusi.
|
4
|
4.7Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan segi tiga siku siku
|
4.7.1Menyelesaikan masalah yang
berkaitan segi tiga siku siku
|
4.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui diskusi kelompok ,diharapkan
peserta didik dapat :
1.
Siswa
dapat menentukan panjang sisi sisi segi tiga siku siku
2.
Siswa
dapat menghitung panjang sisi sisi segi tiga siku siku dan
Siswa dapat mengenal tripel pythagoras
5.
Metode
Pembelajaran : Saintifik
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Kooperatif Learning.
6.
Media
, Alat dan sumber Pembelajaran
1.
Media
: charta
2.
Alat
/ Bahan :Karton, gunting
3.
Sumber
Belajar : Buku matematika Smp / Mts
Kemendikbud, 2013.
1.
Langkah-
langkah Kegiatan Pembelajaran.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Berdo’a ( seorang peserta didik untuk memimpin
do’a )
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik .
3.
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam.
4.
Guru memberikan apersepsi tentang segi tiga
siku siku.
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
Guru mengkondisikan
peserta didik dalam 5 kelompok.
·
Pesrta didik mengamati
benda-benda yang berbentuk segi tiga siku siku.
·
T SM
A
2.
Menanya.
·
Guru memfasilitasi siswa untuk
mengajukan pertanyaan berdasarkan bentuk-bentuksegi tiga yang teramati dan alat peraga
jajargenjang yang tersedia.
·
Guru memfasilitasi siswa untuk
mengajukan pertanyaan mengenai panjang sisi sisi segi tiga.
·
Apabila
proses bertanya dari siswa kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan
penuntun/pancingan secara bertahap.
Pertanyaan penuntun/pancingan:
1. Apa yang muncul dibenak anda ketika anda
mengamati bentuk jajargenjang yang
tersedia?
2. Bagaimana pendapat anda tentang panjang
sisi sisi segi tiga siku siku
Kemungkinan
pertanyaan yang muncul di benak siswa setelah didorong bertanya antara lain:
1.
Apakah bentuk segiempat pada
permukaan meja, papan tulis dll kalau
di buat diagonal sisi nya berbentuk segi tiga
2.
Apa segi tiga itu?
3.
Bagaimanakah bentuk sisinya ?
3.
Mengumpulkan
informasi.
·
Siswa mengumpulkan informasi
tentang segi tiga siku siku .
Pertanyaan penuntun/pancingan:
1.
Bagaimana
caranya anda membedakan panjang sisi sisi segi tiga siku siku ?
2.
Bagaimana
caranya anda menentukan alasnya ?
3.
Bagaimana
caranya anda menentukan tingginya dan sisi miringnya?
Informasi
yang diharapkan dapat dikumpulkan oleh siswa:
Dengan
menggunakan rumus pythagoras siswa menentukan :
1. Sisi alas segi tiga siku
siku.
2. Sisi tinggi segi tiga siku
siku
3 .sisi miring segi tiga siku siku.
3.
Mengasosiasikan
·
Siswa dapat mengidentifikasi sisi alas sisi dan tinggi
jajargenjang.
·
Siswa dapat menentukan rumus
keliling jajargenjang “ K = 2a + 2l “
dan luas jajargenjang “ L = a x
t “.
Pertanyaan
penuntun/pancingan:
Apakah ada kesamaan antara keliling dan luas jajar genjang
dan bangun segiempat lainnya?
4.
Mengkomunikasikan.
·
Melakukan diskusi untuk
melakukan penyimpulan hasil kerja
·
Siswa mempresentasikan
hasil kerjannya.
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi dan membimbing peserta
didik merangkum materi tentang keliling dan luas jajargenjang.
2.
Guru
memberikan tugas macam-macam
bentuk bangun datar sebagai sebagai
bahan portofolio.
3.
Guru memberikan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya.
|
10 menit
|
2.
Penilaian.
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN SPRITUAL.
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN SPRITUAL.
Nama Siswa ;
Kelas :
Tgl pengamatan :
Materi Pokok :
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Menjalankan ibadah tepat waktu
|
||||
3
|
Memberikan salam pada awal dan akhir
presentasi sesuai yang dianut
|
||||
4
|
Menjaga lingkungan hidup disekitar
rumah,sekolah dan masyarakat
|
||||
5
|
Menghormati orang lain menjalankan
ibadah sesuai dengan agamanya
|
||||
Jumlah Skor
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
X 100 =........
|
Skor
Maksimum
|
Nilai konversi
=
|
Nilai
|
X 4 =........
|
100
|
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Teknik penilaian : Observasi
Indikator: 1. Melalui kegiatan diskusi siswa
dapat percaya diri.
Rubrik penilaian percaya diri
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
Skor
|
A
|
Mengemukakan pikiran
|
Selalu mengemukakan pikiran
|
4
|
Sering mengemukakan pikiran
|
3
|
||
Jarang mengemukakan pikiran
|
2
|
||
Tidak pernah mengemukakan pikiran
|
1
|
||
B
|
Bertanya kepada guru
atau teman tentang materi pelajaran
|
Selalu mengajukan pertanyaan yang
berhubungan dengan materi
|
4
|
Sering
mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi
Jarang mengajukan pertanyaan yang
berhubungan dengan materi
|
3
|
||
Tidak pernah mengajukan pertanyaan yang
berhubungan dengan materi
|
1
|
||
C
|
Berani presentasi di depan kelas
|
Selalu tampil mewakili kelompok
|
4
|
Sering
tampil mewakili kelompok
|
3
|
||
Jarang
tampil mewakili kelompok
|
2
|
||
Tidak pernah tampil mewakili kelompok
|
1
|
Indikator: 2. Melalui kegiatan diskusi siswa
dapat toleransi dalam mengemukakan pendapat.
Rubrik penilaian toleransi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
Skor
|
A
|
Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki
|
Selalu bekerja sama sesame teman
|
4
|
sering bekerja sama sesama teman
|
3
|
||
Jarang bekerja sama sesama teman
|
2
|
||
Tidak pernah bekerja sama sesama teman
|
1
|
||
B
|
Tidak memaksakan pendapat
atau keyakinan diri pada orang
Lain
|
Selalu memaksakan pendapat
|
1
|
Sering memaksakan pendapat
|
2
|
||
Jarang memaksakan pendapat
|
3
|
||
Tidak pernah memaksakan pendapat
|
4
|
Instrumen Penilaian dan pedoman
penskoran/penilaian:
No
|
Nama
Siswa
|
Percaya
diri
|
Toleransi
|
Jmh
|
Skor
|
Nilai
|
||||||
A
|
b
|
c
|
A
|
b
|
||||||||
1
|
Andi
|
4
|
3
|
3
|
3
|
1
|
14
|
(14:20)x4= 2,8
|
B
|
|||
2
|
Aldi
|
3
|
2
|
2
|
2
|
4
|
13
|
(13:20)x4= 2,6
|
B
|
|||
3
|
Budi
|
3
|
3
|
2
|
4
|
3
|
15
|
(15:20)x4=30
|
B
|
|||
4
|
Farhan
|
3
|
2
|
2
|
3
|
1
|
11
|
(11:20)x4=2,2
|
C
|
|||
5
|
Nabila
|
1
|
1
|
2
|
2
|
4
|
10
|
(10:20)x4=2,0
|
C
|
|||
Kriteria
Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
X 100 =........
|
Skor
Maksimum
|
Nilai konversi
=
|
Nilai
|
X 4 =........
|
100
|
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DIRI
Nama / Kelas :
Topik :
Hari/ tanggal :
No
|
Pernyataan
|
Alternatif
|
|
1
|
Saya bersyukur atas
kesempatan yang diberikan Tuhan dalam mempelajari segi empat dan segitiga sehingga saya dapat
mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ya
|
Tidak
|
2
|
Saya bersyukur atas
kesempatan berlatih untuk bertanggungjawab menyelesaikan tugas melalui
belajar segi empat dan segitiga
|
||
3
|
Saya telah memahami
tentang segi empat dan segitiga.
|
||
4
|
Saya optimis dapat
memperbaiki pemahaman saya terhadap
hal-hal yang belum saya pahami sepenuhnya dalam belajar tntang segi
empat dan segitiga.
|
||
5
|
Saya akan belajar
keras untuk mempelajari lebih lanjut terkait segi empat dan segitiga
|
||
6
|
Saya telah berperan
aktif dalam kegiatan belajar tentang segi empat dan segitiga.
|
||
7
|
Saya akan berperan
lebih banyak selama belajar matematika dalam kelompok pada kegiatan pembelajaran yang akan
datang.
|
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK.
Nama
Penilai :
Nama Yang Menilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Tanggal Mengisi :
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Datang tepat waktu
|
||||
2
|
Patuh pada tata
tertib atau aturan sekolah
|
||||
3
|
Mengerjakan/Mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
|
||||
Jumlah
Skor
|
Keterangan :
4= selalu melakukan sesuai
pernyataan
3= sering melakukan sesuai pernyatan
tapi kadang tidak melakukan
2=kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1= tidak pernah melakukan
Kriteria
Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
X 100 =........
|
Skor
Maksimum
|
Nilai konversi
=
|
Nilai
|
X 4 =........
|
100
|
CONTOH FORMAT JURNAL
Nama Siswa :
Aspek yang diamati :
No
|
Hari / Tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan
|
1
|
|||
2
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
X 100 =........
|
Skor
Maksimum
|
Nilai konversi
=
|
Nilai
|
X 4 =........
|
100
|
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI
PENGETAHUAN.
Pilihan : Tes Tertulis
Indikator : 1. Peserta didik dapat menghitung
keliling jajargenjang.
2. Peserta didik dapat menghitung luas jajargenjang.
A.
Instrumen.
Dengan memperhatikan
gambar , hitunglah keliling dan luas jajargenjang berikut.
(i)
(ii
B.
RUBRIK
PENILAIAN PENGETAHUAN
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
(I)
|
K jajargenjang = 2a + 2l
K jajargenjang = ( 2x8 + 2x 15 ) cm
K jajargenjang = 46 cm
L jajargenjang = a
x t
L jajargenjang = ( 8
x 12 ) cm2
L jajargenjang = 96
cm2
|
1
2
2
1
2
2
|
(II)
|
K jajargenjang = 2a + 2l
K jajargenjang = ( 2x10 + 2x 15 ) cm
K jajargenjang = 50
cm
L jajargenjang
= a x t
L jajargenjang = (
8 x15 ) cm2
L jajargenjang =
120 cm2
|
1
2
2
1
2
2
|
JUMLAH SKOR
|
20
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
X 100 =........
|
Skor
Maksimum
|
Nilai konversi
=
|
Nilai
|
X 4 =........
|
100
|
CONTOH PENILAIAN KETERAMPILAN.
Penilaian
portofolio :
Digunakan
untuk menilai keterampilan peserta didik dalam hal menentukan keliling segi
empat dan segitiga.
Bahan dan
alat : Karton , gunting dan tali.
Petunjuk
kerja :
1.
Guntinglah
karton tersebut menjadi bentuk-bentuk segi empat dan segitiga .
2.
Ukurlah
masing-masing bentuk segi empat dan segitiga tersebut.
3.
Catatlah
keliling masing-masing bentuk segi empat dan segitiga tersebut dalam bentuk
rubrik
Rubrik
penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
Banyaknya bangun segi empat
dan segitiga yang dibuat
|
Nilai 3 , apabila buat
6-7 bangun
Nilai 2 , apabila buat
4-5 bangun
Nilai 1, apabila buat 1-3 bangun
|
|||
2
|
Ketelitian dalam pengukuran
|
Nilai 3 , apabila tepat sekali
Nilai 2 , apabila kurang tepat
Nilai 1, apabila tidak tepat
|
|||
3
|
Tabel
|
Nilai 3 , apabila table terisi
semuanya
Nilai 2 , apabila table terisi
sebagian
Nilai 1, apabila table tidak
terisi
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
X 100 =........
|
Skor
Maksimum
|
Nilai konversi
=
|
Nilai
|
X 4 =........
|
100
|
Batam,
september 2014
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
LEBIH RAPI dan LENGKAPNYA DOWNLOAD DISINI Y